Sukses


Seluruh Tim Pabrikan MotoGP Ikut Tes Privat di Sepang

Bola.com, Sepang - Tes pramusim pertama pada 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, baru berlangsung pada awal pekan depan. Namun, saat ini seluruh pabrikan MotoGP sudah berada di Negeri Jiran.

Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM kompak mengikuti tes privat di Sepang yang dimulai pada Rabu (25/1/2017). Akan tetapi, keenam pabrikan tersebut hanya memboyong pebalap penguji karena pebalap utama mereka masih berlibur.

Berdasarkan foto dan video yang dirilis akun Twitter @crash_motogp, beberapa pebalap penguji yang hadir di Sepang adalah Mika Kallio (KTM), Mike Di Meglio (Aprilia), Takuya Tsuda (Suzuki), serta Michele Pirro dan Casey Stoner (Ducati). Menurut GPOne, Yamaha menurunkan Katsuyuki Nakasuga, sedangkan Honda menghadirkan Hiroshi Aoyama.

Mayoritas tes berlangsung dalam kondisi trek yang kering. Namun, pada pengujung tes, hujan mulai mengguyur Sepang. Tak banyak pebalap yang turun lintasan setelah hujan. Hanya Pirro dan Tsuda yang menurut @crash_motogp tetap beraksi di trek basah.

@crash_motogp juga melaporkan Ducati membawa motor Desmosedici GP17 yang berbeda dengan yang dipajang pada acara peluncuran di Bologna, Italia, 20 Januari lalu.

Jika foto Desmosedici GP17 yang dirilis pada peluncuran tim bagian knalpotnya persis ada di bagian tengah bawah ekor motor, knalpot motor yang dibawa Ducati untuk tes privat di Sepang letaknya ada di bagian sisi bawah kanan ekor motor.

General Manager Ducati Corse Luigi "Gigi" Dall'Igna dan manajer tim Ducati Davide Tardozzi juga turun langsung ke sirkuit untuk menyaksikan aksi Pirro yang menguji Desmosedici GP17 tanpa winglet (sayap aerodinamika) pada hari pertama tes. Sementara itu, Stoner menonton dari sisi trek.

Menurut situs GPOne pada Senin (23/1/2017), Ducati memang berencana menurunkan Desmosedici GP17 versi gres pada tes privat di Sepang. GPOne mengklaim Desmosedici GP17 yang dipajang saat acara presentasi tim bukanlah bentuk motor yang sebenarnya karena memakai fairing musim 2016.

Bukan hanya Ducati, GPOne juga mengatakan pada tes privat di Sepang ini wajah motor pabrikan lain pun sudah mendekati versi final dan bisa menjadi referensi buat tes pramusim di Sepang pada akhir Januari.

Hanya bagian fairing motor yang kemungkinan besar masih akan terus berubah. Karena winglet telah dilarang, setiap pabrikan masih mencari formula paling pas untuk memaksimalkan aerodinamika motor.

Tes privat di Sepang berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (27/1/2017). Setelah tes privat, seluruh pabrikan MotoGP akan menetap di Malaysia untuk bersiap menghadapi tes pramusim resmi di Sepang pada 30 Januari-1 Februari mendatang. Para pebalap utama baru hadir pada tes tersebut.

Video Populer

Foto Populer