Sukses


Pelarangan Winglet pada MotoGP 2017 Bikin Bos Ducati Khawatir

Bola.com, Bologna - Bos Ducati, Gigi Dall'Igna, mengakui motor Desmosedici bakal mengalami banyak perubahan setelah winglet resmi dilarang pada [MotoGP]( 2835096 "MotoGP") 2017. Dall'Igna khawatir aturan baru tersebut bakal memengaruhi performa Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso hingga beberapa musim ke depan.

"Mungkin memang akan sulit untuk beradaptasi tanpa winglet, tapi semua itu tergantung lintasan. Menurut saya di Qatar nanti tidak akan ada perbedaan pada motor Desmosedici," ujar Dall'Igna dikutip dari Sport Rider, Kamis (26/1/2017).

"Namun, untuk beberapa sirkuit seperti seperti Jerez, situasi akan berbeda. Kemungkinan beberapa keadaan akan berbeda ketimbang tahun lalu untuk Ducati," imbuh dia.

Sayap tambahan atau yang dikenal dengan istilah winglet pertama kali dipopulerkan oleh tim Ducati. Teknologi yang diterapkan oleh pabrikan asal Italia itu kemudian ditiru oleh hampir seluruh tim balap yang berpartisipasi di MotoGP.

Fungsi utama winglet adalah untuk menghasilkan downforce pada bagian depan motor saat berakselerasi sehingga wheelie bisa berkurang tanpa perlu memangkas tenaga mesin.

Pelarangan penggunaan sayap ini disebabkan karena Komisi Grand Prix MotoGP menganggap benda tersebut sebagai sesuatu yang menonjol dan bisa membahayakan pebalap lain. 

Video Populer

Foto Populer