Sukses


Sirkuit MotoGP: Valencia, Surga buat Pebalap Spanyol

Bola.com, Valencia - MotoGP Ricardo Tormo, yang terletak di pinggiran kota Valencia, memiliki desain yang cukup unik karena berbentuk seperti stadion sehingga penonton bisa leluasa melihat aksi para pebalap dari berbagai sudut sirkuit.

Ricardo Tormo memiliki trek sepanjang 4 kilometer dan berlawanan dengan arah jarum jam. Treknya sempit dan karakteristiknya lambat dengan 14 tikungan (delapan ke kiri dan lima ke kanan) dan trek lurus terpanjangnya hanya 876 meter.

Nama Sirkuit yang dipergunakan untuk MotoGP Valencia diambil dari sosok pebalap Spanyol yang pernah menjadi juara dunia 50cc untuk Bultaco pada 1978 dan 1981.

Total dia mengoleksi 15 kemenangan di kelas 50cc dan empat gelar seri pada kelas 125cc. Karier Tormo di dunia balap tak berlangsung lama setelah memutuskan pensiun pada 1984 karena mengalami cedera kaki. Nama Tormo diabadikan sebagai sirkuit setelah pada 1998 dia meninggal dunia akibat penyakit leukimia.

MotoGP_Sirkuit Valencia, Statistik (Bola.com/Adreanus Titus)

Honda menjadi tim tersukses pada MotoGP Valencia. Sejak 2002 Honda sudah meraih delapan kemenangan di Spanyol dan menjadikan pabrikan asal Jepang tersebut sebagai raja di Sirkuit Ricardo Tormo.

Yamaha di posisi kedua dengan catatan lima kali kemenangan, sedang Ducati baru dua kali meraih kemenangan pada MotoGP Valencia.

MotoGP Valencia menjadi surganya pebalap Spanyol untuk meraih kemenangan. Setidaknya sudah 10 kali pebalap-pebalap asal Negeri Matador menjadi raja di tanahnya sendiri.

Sete Gibernau memenangi lomba kelas 500cc bersama Suzuki pada 2001, Dani Pedrosa menang dengan Honda pada 2007, 2008, 2012, dan 2017. Jorge Lorenzo naik podium teratas bersama Yamaha pada 2010, 2013, 2015, dan 2016. Lalu terakhir Marc Marquez mengantar Honda juara di sana pada 2014.

Sejak pertama kali menggelar seri MotoGP pada 1999, tahun ini akan menjadi kali ke-16 secara beruntun Sirkuit Ricardo Tormo menjadi saksi berakhirnya musim MotoGP. Tentunya sudah banyak momen-momen yang terekam di aspal Sirkuit Ricardo Tormo selama 16 tahun menjadi seri pamungkas MotoGP.

Catatan tersebut sekaligus menjadikan Sirkuit Ricardo Tormo sebagai venue terbanyak yang pernah menyelenggarakan seri pamungkas MotoGP.

Video Populer

Foto Populer