Sukses


9 Pebalap Bergaji Tertinggi pada MotoGP 2017

Bola.com, Jakarta - Tirai musim balap MotoGP 2017 tak lama lagi segera dibuka. Hanya tersisa satu tes pramusim resmi lagi sebelum seri pembuka ajang balap motor paling populer sejagat itu digelar di Sirkuit Losail, Qatar, 16 Maret mendatang.

MotoGP 2017 menjanjikan peta persaingan baru menyusul perpindahan pebalap top di tim papan atas. Duel perebutan titel pun diprediksi lebih sengit ketimbang musim lalu.

Jorge Lorenzo memutuskan hengkang ke Ducati setelah menghabiskan sembilan musim dan meraih tiga gelar juara dunia di Yamaha. Tim Garpu Tala lalu menggaet Maverick Vinales dari Suzuki untuk menggantikan Lorenzo. Suzuki mendatangkan Andrea Iannone dari Ducati.

Performa Lorenzo, Vinales, dan Iannone bersama tim baru masing-masing menarik untuk ditunggu. Sepak terjang para pebalap debutan dan calon kuda hitam juga layak dinantikan.

Berbicara musim baru, sorotan bukan cuma mengarah kepada penampilan pebalap di lintasan. Faktor non-teknis seperti jumlah gaji pebalap juga kerap membuat penasaran.

Berikut ini adalah daftar sembilan pebalap bergaji tertinggi pada MotoGP 2017 versi situs Totalsportek dan Sportsmaza.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Pol Espargaro dan Bradley Smith

8/9. Pol Espargaro dan Bradley Smith

Tim: Red Bull KTM
Gaji per tahun: 1 juta dolar AS (13 miliar rupiah)

Pol Espargaro dan Bradley Smith sama-sama pindah dari Yamaha Tech 3 ke tim pabrikan baru Red Bull KTM pada MotoGP 2017. Keduanya meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan gaji 1 juta dolar AS atau sekitar 13 miliar rupiah per tahun.

3 dari 8 halaman

Andrea Iannone

7. Andrea Iannone

Tim: Suzuki Ecstar
Gaji: 1,2 juta dolar AS (16 miliar rupiah)

Andrea Iannone bergabung dengan Suzuki Ecstar dari Ducati pada MotoGP 2017. Pebalap asal Italia itu meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan gaji 1,2 juta dolar AS atau sekitar 16 miliar rupiah per tahun.

4 dari 8 halaman

Maverick Vinales

6. Maverick Vinales

Tim: Movistar Yamaha
Gaji: 1,5 juta dolar AS (20 miliar rupiah)

Maverick Vinales bergabung dengan Movistar Yamaha dari Suzuki Ecstar pada MotoGP 2017. Pebalap asal Spanyol itu meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan gaji 1,5 juta dolar AS atau sekitar 20 miliar rupiah per tahun.

Namun, pendapatan Vinales berpeluang melonjak jadi 2 juta dolar AS (Rp 26 miliar) atau bahkan lebih yang berasal dari bonus memenangi balapan dan menjadi juara dunia.

5 dari 8 halaman

Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso

4/5. Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso

Tim: Repsol Honda dan Ducati
Gaji: 2,5 juta dolar AS (33 miliar rupiah)

Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) memiliki gaji yang sama pada MotoGP 2017. Keduanya mendapat bayaran sebesar 2,5 juta dolar AS atau sekitar 33 miliar rupiah setelah meneken kontrak baru di tim masing-masing untuk dua tahun ke depan pada 2016.

Gaji Pedrosa mengalami penurunan yang cukup signifikan ketimbang musim lalu. Pada 2016, pebalap asal Spanyol itu mendapat gaji sebesar 4 juta euro (Rp 53 miliar). Namun, Pedrosa bisa mendapat bonus besar jika berhasil memenangi balapan atau menjadi juara dunia.

Sebaliknya, gaji Dovizioso meningkat. Tahun lalu, pebalap asal Italia itu cuma mendapat bayaran 1 juta dolar AS (Rp 13 miliar).

6 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo

3. Jorge Lorenzo

Tim: Movistar Yamaha
Gaji: 7 juta dolar AS (93 miliar rupiah)

Jorge Lorenzo meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan Ducati setelah pindah dari Yamaha. Pebalap asal Spanyol itu akan mendapat bayaran sebesar 7 juta dolar AS atau sekitar 93 miliar rupiah per tahun.

Namun, berapa gaji Lorenzo yang sebenarnya masih menjadi perdebatan. Beberapa sumber lain menyebut Lorenzo menerima gaji fantastis dari Ducati, yaitu 12,5 juta euro per tahun (Rp 176 miliar).

7 dari 8 halaman

Valentino Rossi dan Marc Marquez

1/2. Valentino Rossi dan Marc Marquez

Tim: Movistar Yamaha dan Repsol Honda
Gaji: 10 juta dolar AS (141 miliar rupiah)

Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pebalap dengan gaji terbesar pada MotoGP 2017. Keduanya sama-sama mendapat bayaran sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar 141 miliar rupiah setelah meneken kontrak baru di tim masing-masing untuk dua tahun ke depan pada 2016.

Rossi dan Marquez juga bakal diguyur bonus yang nilainya cukup besar jika berhasil menjadi juara dunia.

8 dari 8 halaman

Gaji Pebalap Lain

Gaji Pebalap Lain*

- Alex Rins (Suzuki Ecstar), Aleix Espargaro (Aprilia Gresini), dan Cal Crutchlow (LCR Honda)

Gaji: 900 ribu dolar AS (Rp 12 miliar)

- Danilo Petrucci dan Scott Redding (Pramac Ducati)

Gaji: 700 ribu dolar AS (Rp 9,3 miliar)

- Jack Miller (Marc VDS Honda)

Gaji: 350 ribu dolar AS (Rp 4,6 miliar)

- Sam Lowes (Aprilia Gresini)

Gaji: 300 ribu dolar AS (Rp 4 miliar)

- Loris Baz (Avintia Ducati)

Gaji: 250 ribu dolar AS (Rp 3,3 miliar)

- Tito Rabat (Marc VDS Honda) dan Hector Barbera (Avintia Ducati)

Gaji: 150 ribu dolar AS (Rp 2 miliar)

- Karel Abraham (Aspar Ducati)

Gaji: Tak mendapat bayaran karena membeli kursi di Aspar Ducati.

- Alvaro Bautista (Aspar Ducati), Johann Zarco dan Jonas Folger (Yamaha Tech 3)

Gaji: Tak diketahui

Keterangan *: Gaji per tahun

Video Populer

Foto Populer