Sukses


Tes MotoGP: Marc Marquez Terjatuh Gara-gara Fairing Baru Honda

Bola.com, Losail - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dua kali crash pada hari pertama tes pramusim resmi terakhir MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (10/3/2017).

Marquez mengalami crash pertama saat menjajal fairing winglet baru motor Honda RC213V untuk pertama kali. Dia terjatuh pada tikungan terakhir. Marquez mengatakan dia terjatuh gara-gara fairing winglet tersebut.

"Fairing winglet agak mengubah motor. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sayap aerodinamika itu sedikit mengubah setelan motor," kata Marquez seperti dikutip dari Crash, Sabtu (11/3/2017).

"Ketika mengendarai motor, saya tak merasakan perubahan itu. Namun, ketika berhenti dan mengecek data, ternyata fairing winglet mengubah banyak setelan motor saat masuk tikungan. Suspensi depan jadi tertekan dan karena alasan itulah motor saya selip," ujar Marquez.

Honda menjadi pabrikan keempat yang memperkenalkan fairing winglet untuk MotoGP 2017 setelah Yamaha, Suzuki, dan Aprilia. Fairing winglet Honda disebut-sebut mirip dengan yang diperlihatkan Suzuki pada tes sebelumnya di Phillip Island, Australia, medio Februari lalu.

"Sama seperti pabrikan lain, kami juga mencoba mengurangi wheelie (ban motor terangkat) tanpa kehilangan top speed dengan winglet. Namun, target utamanya adalah mengurangi wheelie," kata Marc Marquez.

Marquez kembali terjatuh satu jam sebelum tes rampung. Pol Espargaro (Yamaha Tech3), Alex Rins (Suzuki Ecstar), dan Sam Lowes (Aprilia Gresini) juga crash tapi dalam insiden yang berbeda.

"Crash yang kedua itu klasik di trek ini karena terjadi pada pengujung sesi tes di mana temperatur turun dan kondisi aspal sudah tak bagus lagi," ujar Marquez.

Meski dua kali terjatuh, Marquez tak mengalami cedera serius. Cedera dislokasi bahu yang sempat diderita Marquez saat tes privat di Jerez juga tak kambuh.

"Bahu saya baik-baik saja. Saya mengujinya dengan baik, bahkan sampai dua kali! Sekali jatuh ke kanan dan sekali ke kiri. Tapi itu bukan masalah," tutur Marquez.

Marc Marquez mengakhiri hari pertama tes di Losail di posisi ke-12 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55,899 detik. Dia berselisih 1,080 detik dengan pebalap tercepat, Andrea Dovizioso (Ducati).

Video Populer

Foto Populer