Sukses


Valentino Rossi dan 5 Atlet dengan Pemulihan Cedera yang Ajaib

Bola.com, Jakarta - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memberi kejutan besar karena mampu tampil di MotoGP Aragon, Minggu (24/9/2017). Padahal, tiga pekan sebelumnya Rossi mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami cedera patah kaki.

Sebagai atlet yang berkecimpung di dunia olahraga, biasanya mereka bersinggungan langsung dengan potensi cedera. Tak jarang, cedera menjadi momok yang dikhawatirkan oleh para atlet ketika sedang bertanding.

Ancaman cedera pun tidak main-main, bisa memaksa harus menepi dalam hitungan pekan hingga bulan. Bahkan, ada atlet yang harus menutup kariernya lebih dini karena cedera berkepanjangan yang sering kambuh dan tak kunjung sembuh.

Akan tetapi, hal itu ternyata tidak berlaku untuk seorang Valentino Rossi. Pebalap asal Italia itu mengalami patah tibia dan fibula kaki kanan karena kecelakaan motorcross. Setelah naik meja operasi, tim dokter memprediksi pebalap berjuluk The Doctor itu harus menepi selama 30-40 hari.

Pada kenyataannya Rossi berhasil membuktikan diri untuk lebih cepat pulih dari waktu yang ditentukan. Rossi tercatat mampu kembali ke lintasan balapan setelah 24 hari waktu pemulihan.

Selain Valentino Rossi, pemulihan cedera yang ajaib atau sangat cepat pernah ditunjukkan beberapa atlet lain. Sebagian besar durasi pemulihan bisa dipersingkat karena tekad yang kuat dari atlet tersebut.

Berikut ini lima cerita pemulihan cedera yang ajaib di dunia olahraga: 

2 dari 6 halaman

Rajon Rondo

Bolton Celtic mendapatkan kabar buruk dari Rajon Rondo ketika melakoni pertandingan semifinal gim ketiga wilayah timur melawan Miami Heat pada 2011. Rajon Rondo mengalami dislokasi siku setelah terjatuh ke lantai lapangan.

Cedera tersebut diprediksi membuat Rondo perlu menepi hingga enam pekan. Namun, pada kenyataannya Rondo berhasil memulihkan cedera tersebut dalam waktu sepekan dan kembali bermain untuk Celtics pada game keempat melawan Miami Heat.

 

 

3 dari 6 halaman

Brett Favre

Pemain American Football, Brett Favre, hampir meregang nyawa dalam kecelakaan mobil yang dialaminya pada 14 Juli 1990. Favre ketika itu mengalami kecelakaan jelang awal musim bermain di tim senior Southern Mississippi.

Akibat kecelakaan tersebut, Favre mengalami gegar otak dan retak tulang belakang. Namun, keajaiban terjadi karena Favre berhasil pulih dalam kurun waktu sebulan dan langsung bisa memperkuat timnya pada awal musim.

4 dari 6 halaman

Ray Lewis

Mantan pemain American Football, Ray Lewis, nyaris pensiun lebih cepat karena mengalami cedera pada otot trisep. Cedera tersebut terjadi pada Oktober 2012 ketika musim NFL masih berlangsung.

Berkat tekad yang kuat, Ray Lewis berhasil memulihkan cedera yang dialaminya hanya dalam waktu dua bulan. Lewis bahkan kembali membela timnya Baltimore Ravens pada pertandingan playoff pertama di bulan Januari 2013.

5 dari 6 halaman

Jeff Green

Pada 2011, Jeff Green divonis tidak lagi bisa bermain basket karena mengalami aneurisma aorta dan memaksanya naik meja operasi. 

Proses pemulihannya diprediksi berlangsung lama sehingga mustahil buat Green untuk bisa kembali bermain basket. Namun, pada awal musim 2013-2014, Jeff Green berhasil kembali bermain dan membela Boston Celtics.

6 dari 6 halaman

Willis McGahee

Mantan pemain Miami Hurricanes, Willis McGahee, mengalami cedera lutut parah pada pertandingan melawan Ohio State Buckeyes pada akhir musim NFL 2003. Ketika sedang membawa bola, McGahee dilanggar lawan yang membuatnya langsung terjatuh di lapangan.

Cedera tersebut membuat banyak tim enggan mengambil McGahee pada waktu draft. Namun, akhirnya Buffalo Bills bersedia merekrut Willis McGahee. Hebatnya, sang pemain sudah bisa bermain pada awal musim 2004.

Video Populer

Foto Populer