Sukses


MotoGP: Sering Tersungkur, Crutchlow Takjub Marquez Tak Cedera

Jakarta - Marc Marquez tetap memiliki noda meski tampil cemerlang pada MotoGP 2017. Dia menjadi salah satu pembalap dengan jumlah crash terbanyak.

Jika ditotal sepanjang MotoGP 2017, sudah 26 kali Marquez terjatuh, termasuk dalam balapan. Anehnya, tak pernah sekali pun Marquez mengalami cedera. Itu mengapa ia tak pernah melewatkan semua balapan musim ini.

Sebagian besar Marquez terjatuh dalam sesi latihan. Dia sendiri mengakui selalu mencoba untuk melampaui batas dalam setiap latihan bebas. Itu agar dirinya tahu seberapa besar potensi motornya di lintasan tertentu.

Dan saat kualifikasi dan balapan, sosok asal Spanyol itu akan melakukan pendekatan berbeda. Meski masih agresif, ia selalu melakukan balapan dengan sangat hati-hati dan menyadari batas dirinya serta motornya.

Hal itu pun membuat pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow heran dengan kemampuan Marquez menghindari cedera parah sepanjang MotoGP 2017. Sangat jarang ada pembalap yang sering terjatuh, tapi tak pernah mengalami cedera fatal.

"Seperti kita ketahui, Marc tidak sering melukai dirinya sendiri. Ia tak melakukan apa pun kecuali berjuang maksimal sepanjang hari. Saya mungkin merasakannya di banyak waktu dalam karier saya seperti Marquez. Saya tidak tahu, tapi saya khawatir karena sejauh ini saya tak pernah cedera ligamen," kata Crutchlow, dilansir Speedweek.

 

2 dari 3 halaman

Tekad Marquez

Insiden terkini diderita Marquez pada FP2 MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (10/11/2017). Itu membuatnya gagal memperbaiki catatan waktu pada FP2.

Pembalap berusia 24 tahun itu hanya bisa menempati urutan kelima dengan selisih 0,603 detik dari pembalap Ducati, Jorge Lorenzo sebagai yang tercepat. Meski begitu, Marquez memastikan tak akan mengubah gaya balapnya pada hari Minggu.

Dengan insiden pada FP2 MotoGP Valencia 2017, tercatat sudah 26 kali pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terjatuh sepanjang musim ini. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Untuk beberapa alasan, insiden seperti itu terjadi rutin tahun ini. Ini juga soal motor yang memberikan sedikit respons di batas. Saya selalu berusaha memacu, tapi situasinya sering kritis," jelas Marquez.

"Seperti yang saya katakan, saya tak akan mengubah gaya Marquez akhir pekan ini. Saya akan selalu mendekati batas dalam sesi latihan, lalu mencoba mengelola balapan pada hari Minggu dengan cara yang berbeda," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP

Sabtu (11/11/2017)

FP3: 15:55 WIB

FP4: 19:30 WIB

Q1: 20:10 WIB

Q2: 20:35 WIB

Minggu (12/11/2017)

WUP: 15:40 WIB

Balapan: 20:00 WIB

Video Populer

Foto Populer