Sukses


4 Panduan Menjelang Balapan MotoGP Qatar 2018

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP 2018 akan bergulir pada akhir pekan ini. Sebanyak 19 seri akan menyapa penggemar, diawali dengan seri [MotoGP Qatar](MotoGP 2018 "MotoGP Qatar"), di Sirkuit Losail, Minggu (18/3/2018).

Rangkaian MotoGP Qatar akan dimulai dengan konferensi pers resmi pada Kamis (15/3/2018), kemudian dilanjutkan dengan sesi latihan bebas pada Jumat-Sabtu (16-17/3/2018). Sesi kualifikasi juga digelar pada Sabtu.  

Nama-nama pebalap papan atas diprediksi masih mendominasi persaingan pada musim ini. Prediksi juara dunia masih berkutat di seputar Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, hingga Johann Zarco. 

Di antara kandidat yang disebut, Marquez dianggap paling berpeluang. Selain berstatus juara bertahan, kinerja motor Honda sepanjang tiga tes pramusim MotoGP 2018 juga menjanjikan. Sebaliknya, Yamaha tampak terseok-seok dan punya banyak pekerjaan rumah yang harus segera dicari solusinya. 

Ducati juga dinilai juga punya modal untuk bersinar pada MotoGP 2018. Pengembangan motor Desmosedici semakin matang, juga ada harapan duet Dovizioso dan Lorenzo makin kuat pada musim ini. 

Namun, semua prediksi harus dibuktikan di lintasan. Semua pebalap jelas mengincar start apik sebagai modal menghadapi balapan-balapan berikutnya. 

Itulah sebabnya balapan MotoGP Qatar bakal menarik disimak. Semua tim dan pebalap dipastikan ngotot memburu hasil terbaik. 

Apa saja yang perlu diketahui menjelang balapan MotoGP Qatar 2018? Berikut yang dilansir dari AS, Kamis (15/3/2018). 

 

 

2 dari 5 halaman

24 Pebalap, 12 di antaranya dari Tim Pabrikan

Balapan MotoGP 2018 akan diikuti 24 pebalap, 12 dari tim pabrikan dan 12 dari tim satelit. 

Berikut daftar pebalap yang tampil di MotoGP 2018: 

1. Marc Marquez (Spanyol) Repsol Honda

2. Dani Pedrosa (Spanyol) Repsol Honda

3. Maverick Vinales (Spanyol)  Movistar Yamaha

4. Valentino Rossi (Italia)  Movistar Yamaha

5. Andrea Dovizioso (Italia) Ducati 

6. Jorge Lorenzo (Spanyol) Ducati 

7. Andrea Iannone (Italia) Suzuki Ecstar

8. Alex Rins (Spanyol) Suzuki Ecstar

9. Johann Zarco (Prancis) Monster Yamaha Tech 3

10. Jonas Folger (Jerman) Monster Yamaha Tech 3

11. Danilo Petrucci  (Italia) Octo Pramac Racing

12. Jack Miller  (Australia) Octo Pramac Racing

13. Aleix Espargaro (Spanyol) Aprilia 

14. Scott Redding  (Inggris) Aprilia 

15. Takaaki Nakagami (Jepang) LCR Honda

16. Cal Crutchlow  (Inggris)  LCR Honda

17. Xavier Simeon (Spanyol) Avintia Racing

18. Tito Rabat  (Spanyol) Avintia Racing

19. Karel Abraham (Rep. Ceska) Pull&Bear Aspar Team

20. Alvaro Bautista (Spanyol) Pull&Bear Aspar Team

21. Thomas Luthi (Swiss) Marc VDS 

22. Franco Morbidelli (Italia) Marc VDS

23. Bradley Smith  (Inggris) Red Bull KTM

24. Pol Espargaro  (Spanyol) Red Bull KTM

3 dari 5 halaman

12 Juara Dunia

Sebanyak 12 pebalap yang berpartisipasi pada MotoGP 2018 pernah mencicipi gelar juara dunia, di berbagai kelas. Mereka adalah Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Johann Zarco, Alvaro Bautista, Maverick Vinales, Pol Espargaro, Tito Rabat, Andrea Dovizioso, Franco Morbidelli, dan Thomas Luthi.

Total 12 pebalap tersebut mengantongi 32 titel. Pada 2015 juga ada 12 juara dunia, namun jumlah titelnya lebih sedikit, alias tidak mencapai 32. 

Dari seluruh pebalap yang berpartisipasi, hanya Hafizh Syahrin, yang belum pernah mencicipi kemenangan di semua kelas. Dia akan memulai petualangannya di MotoGP pada musim ini. 

Syahrin mendapat kesempatan mencicipi kelas premier setelah Jonas Folger tak bisa tampil musim ini karena masalah kesehatan. 

 

4 dari 5 halaman

Rossi Paling Berpengalaman

Valentino Rossi bakal menjadi pebalap paling berpengalaman pada MotoGP 2018. Dia akan mengawali musim ke-23 di ajang MotoGP dan telah menginjak usia 39 tahun.

Sepanjang 23 tahun berkiprah di ajang grand prix, Rossi telah mengantongi sembilan gelar juara dunia. Tujuh gelar di antaranya diraih di kelas premier, yaitu 500cc dan MotoGP.

Marc Marquez baru memasuki musim keenam di kancah MotoGP. Namun, dia telah mengoleksi empat gelar juara dunia di kelas paling bergengsi tersebut. Jika kembali juara dunia, Baby Alien berhasil mencatatkan hattrick. 

 

 

5 dari 5 halaman

Honda Paling Difavoritkan

Honda paling difavoritkan akan memenangi balapan perdana MotoGP 2018 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3/2018).

Honda paling difavoritkan karena performa apik Marc Marquez dan motor RC213V, terutama pada tiga sesi pramusim di Malaysia, Thailand, dan Qatar. 

Namun, paling yang paling menarik adalah performa Yamaha yang kurang meyakinkan pada sesi pramusim. Selain itu, revolusi aerodinamika Ducati patut menjadi perhatian.

Pacuan juara dunia MotoGP 2018 diprediksi bakal berjalan sengit, terutama duel Honda dan Ducati. Namun, Yamaha bisa mencuri perhatian jika mampu menemukan solusi atas permasalahan yang dialami sepanjang tes musim dingin, khususnya soal perangkat elektronika dan ban. 

Video Populer

Foto Populer