Sukses


Valentino Rossi Selalu Merasa Spesial Balapan di Sirkuit Misano

Jakarta Bagi Valentino Rossi, MotoGP San Marino akan selalu jadi balapan istimewa. Pasalnya, di sana Rossi selalu mendapat dukungan penuh dari pendukungnya yang memenuhi tribun dengan warna kuning.

MotoGP San Marino sendiri adalah balapan yang dihelat di Misano Adriatico, wilayah provinsi Rimini, Italia. Namun, karena sudah ada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, balapan di Sirkuit Misano pun disebut MotoGP San Marino.

Lintasan yang juga disebut sebagai Sirkuit Marco Simoncelli tersebut sudah rutin menggelar balapan Grand Prix sejak 1981. Namun, rutinitas balapan di sana sempat dihentikan usai 1993 hingga kembali digelar pada musim 2007 di mana Casey Stoner yang tampil sebagai juara bersama Ducati.

Rossi sendiri sudah menganggap balapan MotoGP San Marino sebagai perlombaan yang digelar di kampung halamannya sendiri. Itu mengapa ia selalu mendapat dukungan penuh setiap kali beraksi di sana.

"Misano adalah sesuatu yang spesial untuk saya karena lintasan hanya berjarak 10 km dari rumah saya. Saya juga memulai karier saya di lintasan ini," ungkap pembalap berusia 39 tahun itu seperti dikutip Speedweek.

2 dari 3 halaman

Seperti Dapur Sendiri

Sayangnya, The Doctor bukan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Sirkuit Misano. Ia baru merebut podium juara tiga kali di sana, yakni pada musim 2008, 2009, dan 2014. Justru Marc Marquez yang mengoleksi kemenangan terbanyak di sana, yakni lima kali di semua kelas.

Bahkan, pada MotoGP 2017 ia juga terpaksa absen balapan di Sirkuit Misano karena cedera. Hebatnya, antusias para pendukung Rossi tetap terlihat. Meski pembalap asal Italia itu tak beraksi, berbagai macam atribut warna kuning tetap menghiasi tribun Sirkuit Misano.

"Ketika saya tiba di Misano, itu seperti saya masuk ke dapur saya sendiri. Jika saya melihat semua bendera kuning dengan nomor 46, itu adalah perasaan yang spesial," pengoleksi sembilan gelar juara dunia di semua kelas itu menambahkan.

 Sumber: Liputan6.com

3 dari 3 halaman

Pemenang MotoGP San Marino Sejak 2007

2007: Casey Stoner (Ducati)

2008: Valentino Rossi (Yamaha)

2009: Valentino Rossi (Yamaha)

2010: Dani Pedrosa (Honda)

2011: Jorge Lorenzo (Yamaha)

2012: Jorge Lorenzo (Yamaha)

2013: Jorge Lorenzo (Yamaha)

2014: Valentino Rossi (Yamaha)

2015: Marc Marquez (Honda)

2016: Marc Marquez (Honda)

2017: Marc Marquez (Honda)

Video Populer

Foto Populer