Sukses


Marquez Kuasai MotoGP Belanda, Rins dan Vinales Naik Podium

Bola.com, Assen - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi kampiun pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018). Sementara Alex Rins dan Maverick Vinales melengkapi podium MotoGP Belanda. 

Marquez menyelesaikan balapan yang berlangsung 26 lap ini dengan catatan waktu 41 menit 13,863 detik. Dia unggul 2,269 detik atas Rins yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Vinales yang terpaut 2,308 detik dari Marquez.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menyelesaikan balapan di posisi keempat. Dia unggul atas Valentino Rossi, Cal Crutchlow dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. 

Persaingan sengit terjadi pada awal balapan. Lorenzo, Marquez, Rossi dan Dovizioso bersaing ketat di grup depan. Lorenzo tampil luar biasa. Mengawali balapan dari grid ke-10, pembalap asal Spanyol itu melesat ke depan.

Pada lap keempat, Lorenzo dan Rossi nyaris terlibat tabrakan pada tikungan ke-12. Meski bersenggolan, kedua pembalap tetap dapat melanjutkan balapan.

Saat Lorenzo tetap memimpin balapan, Rossi justru melorot ke posisi empat pada lap keenam. Dia disalip Marquez dan Dovizioso. Tak lama berselang, The Doctor kembali melorot. Kali ini pembalap asal Italia itu disalip Rins.

Performa Rins layak diacungi jempol. Pada lap kedelapan, pembalap Suzuki itu berhasil menyalip Dovizioso yang menempati posisi ketiga.

Persaingan di baris depan terus berjalan sengit. Akibatnya, Marquez nyaris terjatuh saat balapan tersisa 15 lap. Dia hampir tergelincir setelah menyentuh Rins pada tikungan kelima dalam perebutan posisi kedua.

 

 

2 dari 4 halaman

Dovizioso Melesat ke Depan

Alhasil, Marquez melorot ke posisi empat. Sementara Rins berhasil merangsek ke posisi dua, di belakang Lorenzo. Posisi ketiga diisi Dovizioso.

Dua lap berselang, Dovizioso melakukan manuver apik untuk melewati Rins. Kecepatan Ducati ikut berperan besar saat pembalap asal Italia itu merebut posisi kedua.

Satu lap kemudian, Dovizioso memimpin balapan. Dia menyalip Lorenzo yang tampak kalah cepat.

Saat duo Ducati bersaing dalam perebutan posisi pertama, Marquez menguntit di posisi ketiga. Bahkan, dia berhasil memanfaatkan momen untuk menyalip Lorenzo pada tikungan jelang garis finis.

Rossi kembali ke persaingan saat balapan tersisa 10 lap. Dia melewati Vinales pada tikungan pertama untuk merebut posisi keempat. Vinales membuat gebrakan pada lap ke-17. Dia melewati Rossi dan Marquez untuk menempati posisi ketiga.

3 dari 4 halaman

Ketat Hingga Akhir

Persaingan kian ketat jelang akhir balapan. Dovizioso, Marquez, Lorenzo, Vinales dan Rossi terlibat aksi saling salip. Dovizioso memimpin balapan, diikuti Vinales dan Marquez. Sementara Lorenzo terpuruk di posisi keenam.

Saat balapan tersisa delapan lap, Vinales memimpin balapan. Dia melewati Dovizioso yang melorot ke posisi ketiga karena juga dilewati Marquez.

Kesalahan fatal dibuat Marquez dan Vinales. Keduanya melebar setelah sempat bersenggolan. Hal ini dimanfaatkan Dovizioso dan Rossi untuk melesat ke depan.

Namun, tak butuh waktu lama buat Marquez berada di depan. Dia memacu motor hingga batas maksimal untuk melewati Dovizioso dan Rossi. 

Rossi turut membuat kesalahan fatal saat balapan tersisa dua lap. Dia melebar saat hendak melewati tikungan pertama. Alhasil, The Doctor melorot ke posisi enam.

Sementara Marquez kian kukuh berada di depan. Dia unggul jauh atas Vinales dan Rins yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Marquez menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Diikuti Rins dan Vinales yang melebar sebelum tikungan terakhir. Sementara Dovizioso dan Rossi menempati posisi keempat dan kelima.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap Balapan MotoGP Belanda

Marc Marquez Repsol Honda 41 menit 13,863 detik

Alex Rins Suzuki Ecstar 41 menit 16,132 detik

Maverick Vinales Movistar Yamaha 41 menit 16,171 detik

Andrea Dovizioso Ducati Team 41 menit 16,285 detik

Valentino Rossi Movistar Yamaha 41 menit 16,826 detik

Cal Crutchlow LCR Honda 41 menit 17,739 detik

Jorge Lorenzo Ducati Team 41 menit 18,325 detik

Johann Zarco Monster Yamaha Tech3 41 menit 20,864 detik

Alvaro Bautista Angel Nieto Team 41 menit 21,404 detik

Jack Miller Pramac Ducati 41 menit 26,919 detik

Andrea Iannone Suzuki Ecstar 41 menit 28,118 detik

Pol Espargaro Red Bull KTM Factory 41 menit 29,739 detik

Aleix Espargaro Factory Aprilia Gresini 41 menit 29,849 detik

Scott Redding Factory Aprilia Gresini 41 menit 29,882 detik

Dani Pedrosa Repsol Honda 41 menit 29,906 detik

Tito Rabat Reale Avintia 41 menit 30,279 detik

Bradley Smith Red Bull KTM Factory 41 menit 42,936 detik

Hafizh Syahrin Monster Yamaha Tech3 41 menit 47,687 detik

Takaaki Nakagami LCR Honda 41 menit 47,900 detik

Thomas Luthi EG 0,0 Marc VDS 42 menit 1,716 detik

Danilo Petrucci Pramac Ducati Gagal Finis

Xavier Simeon Reale Avintia Gagal Finis

Karel Abraham Angel Nieto Team Gagal Finis

Video Populer

Foto Populer