Sukses


Respons Petrucci soal Kontroversi Perangkat Aerodinamika Ducati di MotoGP Qatar

Bola.com, Doha - Pebalap Ducati, Danilo Petrucci, angkat bicara terkait protes Aprilia, Honda, KTM dan Suzuki terkait winglet atau perangkat aerodinamika terbaru timnya yang dipakai pada MotoGP Qatar, Senin (11/3/2019) dini hari WIB. Meski MotoGP Steward sudah menolak protes tersebut, keempat tim itu langsung mengajukan banding ke Pengadilan Banding FIM. 

Perangkat aerodinamika itu hanya terpasang di motor Desmosedici GP19 milik Petrucci, Andrea Dovizioso dan Jack Miller. Winglet tersebut terletak tepat di depan ban belakang.

Keempat pabrikan yang melayangkan protes kepada FIM MotoGP Stewards ini menduga perangkat tersebut berfungsi menghindari masalah overheating pada ban belakang, hingga membantu Dovizioso meraih kemenangan.

Petrucci dan Miller yang memakai perangkat serupa, masing-masing finis keenam dan gagal merampungkan balapan. Situs resmi MotoGP telah mengumumkan FIM MotoGP Stewards telah menolak protes tersebut dengan dalih perangkat tersebut masih sesuai dengan regulasi teknis. 

Petrucci dan Miller telah memakai perangkat ini sejak sesi latihan pertama, sementara Dovizioso ragu mengguanakannya sampai sesi pemanasan pada Minggu (10/3) pagi. Pembalap Italia itu akhirnya memakainya saat balapan. Petrucci membantah perangkat tersebut berfungsi mendinginkan ban belakang.

Sayangnya, rider Italia ini tak bisa menjelaskan lebih jauh soal fungsi yang sesungguhnya.

"Saya tak bisa menjelaskannya, karena Gigi (Dall'Igna, General Manager Ducati Corse) bakal marah. Kami lihat di televisi bahwa mereka bilang perangkat itu untuk mendinginkan ban belakang. Tapi nyatanya itu bukan tujuan sebenarnya," ujar Danilo Petrucci kepada Crash.net, Selasa (12/3/2019). 

 

2 dari 2 halaman

Terhalang Kontrak

Petrucci juga menyatakan Ducati memiliki perangkat aerodinamika baru lainnya pada bagian depan motor. Namun, terdapat poin pada kontraknya yang melarangnya membeberkan fungsi dari perangkat-perangkat ini.

"Ada juga perangkat aerodinamika lainnya di bagian depan. Saya juga menanyakan apa fungsinya, tapi sayangnya saya tak bisa menjelaskannya karena ini tertera pada kontrak saya," kata Petrucci. 

"Ada beberapa perubahan kecil pada motor, tapi sejatinya pengaruhnya tak sebesar yang kami pikir," imbuh pembalap yang akrab disapa Petrux itu.

Belum diketahui apakah Ducati akan tetap memakai perangkat tersebut dalam MotoGP Argentina, 29-31 Maret mendatang setelah mendapatkan layangan protes dari para rivalnya.

Sumber: Bola.net 

Video Populer

Foto Populer