Sukses


Nomor Milik Nicky Hayden Bakal Dipensiunkan di MotoGP AS

Bola.com, Jakarta - Nomor 69 yang menjadi indentitas mendiang Nicky Hayden akan segera dipensiunkan. Upacara memensiunkan nomor milik Hayden berlangsung di MotoGP Amerika Serikat di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas pada 12-14 Aprili.

Juara dunia MotoGP 2006 itu meninggal dunia dalam usia 35 tahun pada 22 Mei 2017. Nicky Hayden wafat akibat mengalami kecelakaan hebat saat berlatih sepeda hanya beberapa meter dari Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino.

Saat itu, The Kentucky Kid yang tengah membalap untuk Red Bull Honda di WorldSBK, tertabrak mobil di jalan raya. Akibatnya, dia mengalami cedera politrauma pada dada dan kepala.

Rencana untuk memensiunkan nomor balap Hayden dari MotoGP telah diumumkan oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, pada akhir Januari lalu. Anggota keluarga dan kerabat Hayden diperkirakan akan hadir di COTA untuk menghadiri persiapan ini.

Nomor 69 telah dipakai Nicky Hayden sejak anak-anak, dan dipilih karena nomor tersebut juga digunakan sang ayah, Earl Hayden, saat masih aktif balapan dirt track. Menurut Hayden, nomor tersebut juga mudah dilihat, karena jika mengalami kecelakaan, 69 akan tetap terbaca meski motornya terbalik.

 

2 dari 2 halaman

Rider Keenam yang Nomornya Dipensiunkan

Nicky Hayden yang pernah membela Repsol Honda, Ducati Corse, dan Aspar Team, menjadi rider keenam yang nomor balapnya dipensiunkan dari MotoGP. Sebelumnya, ada nomor milik Kevin Schwantz (34), Daijiro Kato (74), Shoya Tomizawa (48), Loris Capirossi (65), dan Marco Simoncelli (58).

Hayden juga telah menyandang status MotoGP Legend, penghargaan yang telah diberikan Dorna di Valencia pada 2015 setelah dirinya memutuskan hengkang ke WorldSBK.

Selama berkarier di MotoGP, dia mengoleksi satu gelar dunia, tiga kemenangan, dan 28 podium. Sementara itu di WorldSBK, dia mengoleksi satu kemenangan dan empat podium.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer