Sukses


Marc Marquez Puas dengan Peranti Winglet di Motor RC213V

Austin - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, merasa puas dengan kehadiran peranti winglet di motor RC213V. Berkat peranti tersebut, Marquez tampil apik pada sesi latihan bebas MotoGP Amerika Serikat (AS). 

Dalam free practice pertama yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (12/4/2019), pembalap asal Spanyol itu menorehkan waktu tercepat.

Sementara itu, pada latihan bebas kedua, dia menghuni urutan kedua, kalah 0,044 detik dari rider Monster Energy Yamaha, Maverik Vinales, yang berada di posisi teratas.

Marquez sangat menikmati hasil dan pengalamannya mengendarai RC213V yang sudah memakai winglet di swingarm. Pemakaian peranti tambahan ini disetujui FIM sehingga bisa dipakai sejak MotoGP Argentina lalu.

"Salah satu perbedaan yaitu di sisi pengereman. Ini membantu daya gravitasi, jadi ini memang soal aerodinamika tetapi kami masih harus menganalisa lebih jauh," katanya seperti dikutip Crash.

"Peranti ini (winglet) juga ada sisi negatif, selain positifnya. Jadi kami harus pahami apa yang lebih baik dengan gaya membalap kami. Pengaruhi suhu ban? Saya tak mengeceknya. Tetapi saya tak melihat ada perbedaan besar pada suhu ban," lanjut Marc Marquez

2 dari 2 halaman

Pesaing Marc Marquez Alami Peningkatan

Posisi dua yang diraih Marquez di COTA sungguh aneh. Biasanya, Marquez selalu dominasi sejak FP1, kualifikasi hingga balapan. Marquez mengindikasikan pembalap lain juga mengalami perbaikan dalam banyak hal.

"Setiap tahun pembalap lain membaik. Saya pembalap, saya bisa menguasai sebuah trek tapi pembalap lain juga membaik," ujarnya.

Marquez juga mengaku tak mungkin terus menguasai COTA yang sudah dimenanginya selama enam musim terakhir. Dia yakin ada pembalap yang bisa kalahkan dia suatu saat nanti.

"Yang paling penting itu kejuaraan. Saya tahu suatu saat akan ada pembalap yang kalahkan saya di sini, saya harus paham itu normal," ujarnya.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu juga mengatakan sirkuit selalu berubah setiap tahunnya. Dia mengatakan ada beberapa jalan bergelombang dan tahu dimana yang paling bergelombang.

"Jalan paling bergelombang ada di tikungan dua, lalu saat keluar tikungan 9 juga ada bump yang besar. Lalu tikungan terakhir yang sebelah kanan pada 16,17 dan 18 ada juga bump yang besar," ujar Marquez.

Video Populer

Foto Populer