Sukses


Profil Tim MotoGP 2020: Avintia Mencuri Perhatian Berkat Johann Zarco

Bola.com, Jakarta - Tim satelit Ducati, Avintia Racing hanya menempati posisi sebelas di klasemen tim MotoGP 2020. Duo Karel Abraham dan Tito Rabat memang gagal bersinar.

Rabat hanya menempati posisi 20 klasemen dengan hasil terbaik finis posisi sembilan di GP Katalunya.

Sementara Abraham lebih buruk lagi. Dia terbenam di urutan 24 klasemen lewat pencapaian maksimal urutan 14 di GP Italia, Australia dan Valencia.

Oleh karena itulah, Avintia-Ducati memutuskan untuk mendepak Abraham dan menampung pebalap yang memang tidak punya tim, Johann Zarco.

Keberadaan Zarco di Avintia dipastikan membuat tim ini jadi pusat perhatian. Pasalnya terlepas dari kegagalannya bersama KTM tahun lalu, Zarco sempat sangat bersinar ketika masih memperkuat tim satelit Yamaha Tech 3.

Artinya jika proses adaptasi Zarco di atas motor Ducati Desmosedici bisa cepat, sosok pebalap asal Prancis ini bisa mengangkat prestasi Avintia untuk setidaknya bersaing di papan tengah.

Zarco sendiri sangat termotivasi dengan potensinya bersama Avintia. "Target saya bukan sepuluh besar, tapi tujuh besar," Zarco menuturkan.

2 dari 3 halaman

Zarco Sempat Enggan Gabung Avintia

Menariknya pada sebuah kesempatan, Zarco sempat menyatakan rasa enggan gabung tim papan bawah seperti Avintia. Namun pria berusia 29 tahun itu berubah pikiran.

Adalah General Manager Ducati, Luigi Dall'Igna yang berhasil meyakinkan Zarco untuk menerima pinangan Avintia. Menurutnya, Dall'Igna menjanjikan Avintia bakal mendapat dukungan luar biasa dari Ducati sebagai pabrikan.

"Faktanya, Dall'Igna yang meyakinkan saya untuk gabung Avintia. Kemudian saya bertemu eks kepala mekanik saya, Massimo Branchini," Zarco bercerita.

"Massimo bilang kepada saya harus percaya dengan apa yang dikatakan Dall'Igna," tambah juara dunia Moto2 dua kali itu.

Kini dari Avintia, Zarco berambisi unjuk gigi bahwa sosoknya yang pernah begitu menakutkan bersama Yamaha Tech 3 terlahir kembali. Jika berhasil, bukan tidak mungkin, ia bisa naik kelas ke tim pabrikan Ducati musim 2021.

Sumber: MotoGP 

3 dari 3 halaman

Profil Singkat Pebalap Avintia

Johann Zarco

Tempat/tanggal lahir

Cannes, Prancis/16 Juli 1990

Tinggi/Berat

171 cm/67 kg

Prestasi

Juara Dunia Moto2 2015 dan 2016

Karier MotoGP

Lomba: 52

Menang: 0 (finis terbaik posisi dua GP Prancis 2017, Valencia 2017, Argentina 2018, Spanyol 2018)

Podium: 6

Pole Position: 4

Poin: 362

Tito Rabat

Tempat/tanggal lahir

Barcelona, Spanyol/25 Mei 1989

Tinggi/Berat

178 cm/67 kg

Prestasi

Juara Dunia Moto2 2014

Karier MotoGP

Lomba: 63

Menang: 0 (finis terbaik posisi 7 GP Argentina 2018)

Podium: 0

Pole Position: 0

Poin: 122

Momen Brad Binder Juara di MotoGP Republik Ceska dan Diberi Selamat Valentino Rossi

Video Populer

Foto Populer