Sukses


Launching Tim di Jakarta, Alex Marquez Tidak Maksimal Ikuti Tes Shakedown di Sepang

Bola.com, Kuala Lumpur - Tim-tim dan pebalap bakal mengikuti tes shakedown atau persiapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, 2-4 Februari jelang MotoGP 2020.

Setelah tes ini, bakal ada sesi tes resmi pramusim juga di sirkuit sama, 7-9 Februari.

Karena statusnya sebagai pebalap rookie, Alex Marquez bisa turun di tes shakedown. Sebuah kesempatan berharga baginya untuk beradaptasi dengan motor Honda RC213V.

Syaratnya kemungkinan besar, adik dari Marc Marquez itu tidak bisa maksimal pada tes nanti.

Adalah fakta tim Repsol Honda melakukan launching tim di Jakarta, 4 Februari nanti. Seperti diketahui, tanggal tersebut bertepatan dengan hari terakhir tes shakedown di Sepang.

Lantaran berstatus launching tim, tentu mustahil Alex tidak mendapingi sang kakak sekaligus rekan setimnnya, Marc.

Alhasil dari tiga hari sesi tes itu, Alex hanya bisa mengaspal dua hari. Belum lagi hujan yang dapat seketika turun di Sepang. Sehingga semakin memakan waktu pebalap untuk turuk ke trek.

2 dari 3 halaman

Syarat Ikut Tes Shakedown

Tes shakedown tidak bisa diikuti semua pebalap inti MotoGP 2020. Ada beberapa syarat jika pebalap utama ingin tampil di tes shakedown.

Pertama, berstatus rookie atau debutan. Oleh karena itulah nama-nama seperti Alex Marquez (Repsol Honda), Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3), dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Kedua, pebalap dari tim pabrikan yang masuk kategori konsesi. Konsesi adalah kondisi di mana sebuah tim gagal naik podium atau meraih kemenangan pada MotoGP musim sebelumnya.

Oleh karena itulah, pebalap inti tim pabrikan seperti KTM atau Aprilia boleh turun lintasan. Pengecualian buat Andrea Iannone yang masih harus mengurus penyelesaikan kasus doping.

Ketiga, semua tim pabrikan boleh menurunkan pebalap penguji mereka. Karena itulah, tes Shakedown Sepang bakal jadi debut Jorge Lorenzo sebagai pebalap penguji Yamaha.

Sumber: Crash.net

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer