Sukses


6 Pembalap MotoGP Ini Punya Ritual Unik untuk Balapan

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP kerap menyuguhkan cerita menarik, baik di lintasan maupun di luar lintasan. Geliat akhir pekan balapan MotoGP biasanya sudah dimulai sejak Kamis. 

Akhir pekan seri MotoGP dibuka dengan sesi wawancara dengan media. Biasanya, ada beberap pembalap yang dipilih untuk sesi tanya jawab dengan jurnalis. 

Kesibukan pembalap hingga kru terasa makin bertambah saat memasuki sesi latihan bebas hari pertama. Fase ini krusial untuk mencari setinggan motor yang pas dan penyesuaian dengan lintasan. Pemilihan ban hingga setelah bagian lain bisa menjadi kunci untuk memenangi balapan. 

Fase krusial akan berlanjut dengans sesi kualifikasi pada Sabtu. Pembalap MotoGP akan tampil ngotot untuk mendapatkan posisi start terbaik dan tentu akan sangat berpengaruh pada jalannya balapan. 

Pada hari balapan, mau tidak mau pembalap harus siap. Mereka akan berjudi dengan segala setelan motor hingga pemilihan ban. Perasaan khawatir maupun resah kadang bisa datang tanpa diundang. 

Beberapa pembalap memiliki ritual unik menjelang atau sesudah balapan MotoGP. Ritual tersebut dilakukan untuk menenangkan diri atau mungkin mendongkrak optimisme. 

Berikut ini beberapa pembalap dan mantan pembalap yang dikenal memiliki ritual unik saat sebelum atau sesudah balapan MotoGP.  

2 dari 7 halaman

1. Jorge Lorenzo

Mantan pembalap Yamaha, Honda, dan Ducati, Jorge Lorenzo, ini kebiasaan yang unik. Ritual itu dilakukan Lorenzo bukan sebelum balapan, tapi sesudahnya. 

Dari beberapa pengamatan jika Lorenzo mampu memenangi balapan dia akan menancapkan bendera di sirkuit balapan. Bendera itu bertuliskan, "Lorenzo's Land" yang menandakan bahwa sirkuit tersebut berarti menjadi wilayah kekuasaan Lorenzo.

Seiring waktu, ada satu kebiasan yang kerap dilakukannya yakni Lorenzo selalu punya ritual mendengarkan musik yang dia suka sebelum mengaspal. "Saya lebih memilih berkonsentrasi agar semua tetap dalam kendali jelang balapan. Biasanya saya melakukan pemanasan dan mendengarkan musik yang saya suka," ucapnya.

"Saya mendengarkan musik sambil memejamkan mata agar tidak mendengarkan suara-suara di sekitar saya sehingga saya bisa lebih fokus dalam balapan," jelas Lorenzo. 

 

3 dari 7 halaman

2. Kevin Schwantz

Mantan juara dunia 500cc punya tradisi unik sebelum mengaspal di arena pacuan kuda besi. Salah satu yang paling menyedot perhatian terkait celana dalam yang dikenakan Schwantz.

Schwantz selalu memiliki celana dalam yang dianggap memiliki keberuntungan. Tapi bukan berarti semuanya selalu berjalan sesuai rencana, karena dia bukan pembalap yang sempurna.

Schwantz juga pernah mengalami insiden kecelakaan di lintasan. Ketika itu terjadi, dia memutuskan untuk membuang celana dalamnya tersebut. Dia menganggap celana dalam itu tidak membawa keberuntungan. 

 

 

4 dari 7 halaman

3. Ben Spies

Mantan pembalap Suzuki tersebut mempuyai kebiasaan yang lain daripada lainnya. Sebelum balapan, ia memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat terdekatnya daripada dengan kru.

Biasanya dia Spies selalu meminta waktu kepada tim untuk tidak mengganggu privasinya saat bersama keluarga. Sosok ibunda, merupakan seseorang yang tak pernah absen di setiap balapan.

Spies selalu terlihat dekat dengan ibunya karena dialah yang selalu mendukung karier Spies sejak kecil. Spies begitu dekat dengan ibunya. 

5 dari 7 halaman

4. Dani Pedrosa

Mantan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, punya tradisi yang agak sedikit berbeda dengan lainnya. Pembalap tampan asal Spanyol itu biasanya berpose cool di atas motor.

Pedrosa akan duduk dengan tenang di atas motornya selama beberapa menit sebelum balapan. Katanya, ini membuat Pedrosa berkonsetrasi saat balapan.

Tak heran sikap dingin yang ditunjukkan Pedrosa membuat penggemar wanita makin penasaran dengan Pedrosa. Dia jarang berinteraksi dengan kamera ketika akan menyorotinya.  

 

6 dari 7 halaman

5. Marc Marquez

Juara MotoGP 2019, Marc Marquez, juga punya ritual unik untuk balapan. Pembalap Spanyol tersebut ternyata mempunyai kebiasaan mengecek detak jantung sebelum balapan.

Ritual ini sudah dilakukannya sewaktu belum tampil di MotoGP alias di kelas Moto2 pada 2012. "Biasanya saya tidak menggunakan itu. Tapi, di tahun 2012 (Moto2), saya mencoba melakukan hal itu dengan monitor detak jantung tepat sebelum balapan."

"Karena saya merasa tegang. Di monitor bisa terlihat bahwa saya memiliki 150 denyut per menit. Dan, selama balapan saya memiliki rata-rata yang lebih sedikit tinggi," ujar Marquez.

7 dari 7 halaman

6. Valentino Rossi

Valentino Rossi dikenal sebagai salah satu pembalap MotoGP yang memiliki banyak ritual sebelum melakukan balapan.  Dari sekian banyak ritual yang ia lakoni, fakta The Doctor-julukan Valentino Rossi selalu jonggok dan berbicara dengan motornya jelang lomba paling ikonik.

Ritual ini berlaku setiap kali sang pembalap ingin naik ke atas motor. Entah pada sesi latihan bebas, kualifikasi atau lomba.

Dia memulai ritual dengan berhenti sekitar 2 meter dari motornya. Dia lalu membungkuk dan perlahan menuju motor balapnya.

Kemudian ketika sampai ke motornya, ia berjongkok dan memegang foot-peg sisi kanan motornya dengan kepala tertunduk.

Saat tertunduk inilah, pembalap juara dunia sembilan kali itu seperti mengobrol dengan motornya. Terbaru dalam sebuah wawancara dengan Sky Sport, Valentino Rossi menceritakan apa yang dikatakan kepada motornya saat melakukan ritual ini.

"Biasanya sebelum mulai saya berjongkok di samping motor. Saya berbicara dengannya. Saya bilang kini hanya saya dan dia, kita akan coba naik podium dan harus membantu saya dalam momen sulit," cerita Rossi.

"Dia belum pernah menjawab saya, tapi saya sangat mempercayainya. Jika ia akhirnya ia menjawab saya, saya bahkan tidak terkejut," lanjut pembalap asal Italia itu.

Sumber: Crash, Sky Sports, Speedweek

 

Video Populer

Foto Populer