Sukses


Sudah 10 Tahun Puasa Juara Dunia MotoGP, Valentino Rossi Disarankan Gantung Helm

Jakarta - Valentino Rossi sudah lebih dari 10 tahun tak lagi merengkuh gelar juara dunia MotoGP. Alasan itulah yang membuat mantan pembalap MotoGP, Carlos Checa, meminta Rossi gantung helm atau pensiun dari kancah MotoGP. 

Tak bisa dipungkiri Valentino Rossi merupakan satu di antara pembalap terhebat di MotoGP. Pembalap berjuluk The Doctor itu mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya di kelas MotoGP. 

Namun, Rossi sudah lebih dari satu dekade tidak menjadi juara dunia. Terakhir kali Rossi menjadi juara dunia MotoGP pada 2009.

"Rossi pembalap yang luar biasa, salah satu yang terbaik dalam sejarah. Akan tetapi dia bukan lagi pembalap yang ingin semua orang lihat," ujar Checa seperti dilansir Tuttomotoriweb, Senin (20/4/2020). 

Dalam tujuh musim terakhir di MotoGP, Valentino Rossi kalah bersaing dengan pembalap Spanyol, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Bahkan, Marquez menjadi juara dunia sebanyak enam kali dan Lorenzo sekali.

Marc Marquez enam kali juara sejak promosi ke MotoGP pada 2013. Adapun Lorenzo juara pada MotoGP 2015 setelah memenangi pacuan juara dunia melawan Valentino Rossi

 

2 dari 3 halaman

Sudah Tidak Masuk Akal

Lebih lanjut, Checa menyebut kondisi Rossi untuk balapan di MotoGP sudah tidak masuk akal. Bahkan pada tahun lalu, Rossi gagal menjuarai sebuah seri dan terjatuh hingga empat kali. Saat ini, Rossi juga sudah berusia 41 tahun. 

"Melihatnya bersaing untuk posisi 10 besar dan kemudian terjatuh, sudah tidak lagi masuk akal. Ini bukan soal pertanyaan lanjut atau tidak, pertanyaan adalah apakah yang dilakukan Rossi masih masuk akal?" kata Checa, yang saat ini berusia 47 tahun.

Rossi sudah berkarier di ajang MotoGP selama 20 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, pembalap kelahiran Urbino, Italia, itu berhasil meraih tujuh gelar juara dunia MotoGP.

Secara pribadi, Checa tak memungkiri masih ingin melihat Rossi balapan hingga tiga tahun ke depan. Checa menilai kehadiran pembalap berusia 41 itu bagus untuk MotoGP, namun bukan sesuatu yang positif dari aspek olahraga.

"Tetapi pensiun atau tidak kembali pada putusan Rossi. Saya menghormati dia dan seluruh fan harus berterima kasih padanya," kata Checa yang pernah jadi juara dunia Superbike tahun 2011.

Sumber: Tuttomoriweb

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Cakrayuri Nuralam/Editor Edu Krisnadefa, published: 20/4/2020) 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer