Sukses


MotoGP Australia, Thailand, Malaysia, dan Jepang Musim 2020 Terancam Dibatalkan

Bola.com, Jerez - Kalender lomba MotoGP 2020 masih menjadi teka-teki akibat pandemi virus corona. Sejauh ini sudah ada 4 lomba yang dibatalkan.

Empat lomba tersebut adalah Sirkuit Losail (Qatar), Sachsenring (Jerman), Assen (Belanda), dan terakhir Kymi Ring (Finlandia).

Selain itu kini empat lomba dalam status penundaan. Keempatnya adalah Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), Mugello (Italia), dan Catalunya (Barcelona).

Jangan lupakan juga tercatat 12 lomba sedang menunggu kepastian bakal digelar atau tidak. Status 12 lomba ini bisa saja jadi dibatalkan.

Utamanya lomba di tanah Asia. Karena CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta telah memberikan sinyal bahwa MotoGP 2020 kemungkinan hanya berlangsung di tanah Eropa.

Jika memang tidak memungkinkan berlomba di luar Eropa, maka seri di Australia, Jepang, Malaysia, dan Thailand juga bisa ditiadakan.

"Kami menyiapkan antara 12-16 lomba. Jika tidak ada lomba di luar Eropa, maka jumlahnya hanya 12 lomba," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Alasan Logistik

Alasan Dorna bersiap diri meniadakan lomba di tanah Asia tidak lain lantaran alasan logistik. Pandemi virus corona juga semakin memberatkan rombongan MotoGP bisa terbang jauh ke Asia.

Untuk diketahui kini proposal untuk menggelar lomba MotoGP di Sirkuit Jerez dua pekan berturut-turut telah dikirimkan ke pemertintah Spanyol.

Jika disetujui, lomba pertama di Jerez dengan status MotoGP Spanyol berlangsung 19 Juli. Kemudian untuk lomba kedua digelar 26 Juli lewat tajuk MotoGP Andalusia.

Dalam keterangannya, Ezpeleta telah mengatakan prioritas dirinya adalah menggelar dua lomba pada dua pekan berturut-turut di satu trek.

"Prosedurnya adalah menerapkan apa yang kami lakukan di Spanyol (dua lomba periode dua pekan berturut-turut) di negara lainnya," kata Ezpeleta seperti dikutip dari situs MotoGP.com.

Sumber: MotoGP.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Franco Morbidelli Juara di MotoGP Teruel, Duo Rider Suzuki Kembali Podium

Video Populer

Foto Populer