Sukses


Skenario Marc Marquez di MotoGP Andalusia 2020, Masih Ada Kemungkinan Batal Membalap

Bola.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mencatatkan comeback luar biasa karena sudah kembali ke Jerez hanya dua hari setelah menjalani operasi lengan kanan. Pihak Honda telah menyiapakan skenario khusus untuk Marquez pada rangkaian MotoGP Andalusia 2020, akhir pekan ini. 

Bahkan, Repsol Honda mengatakan Marc Marquez masih mungkin batal membalap meskipun tim medis MotoGP sudah menyatakan sang pembalap fit untuk turun ke lintasan. Honda akan membatalkan partisipasi Marquez jika dinilai terlalu berisiko. 

Seperti diketahui, Marquez mengalami cedera pada balapan MotoGP Jerez 2020, Minggu (19/7/2020). Ia terjatuh dengan keras, yang membuat lengan kanannya cedera. 

Juara dunia MotoGP 2020 itu kemudian dibawa ke Barcelona untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ternyata, ia harus naik meja operasi untuk memulihkan cedera pada lengannya. 

Semula Marquez diprediksi baru bisa menjajal turun ke lintasan pada seri ketiga, yaitu MotoGP Rep Ceska 2020, pada 9 Agustus. 

Namun, tak dinyana dia malah sudah balik ke Jerez untuk mencoba ikut balapan MotoGP Andalusia. 

"Awalnya posisi Honda jelas untuk membatalkan balapan pekan ini dan baru mencoba di Brno. Tapi, setelah melihat keinginan Marquez, setelah apa yang dikatakan dokter hari ini, yang menyebut dia fit, kami sebut saja berada dalam posisi memahami bahwa dia akan mencoba pada Sabtu. Setelah itu tergantung apa yang dia rasakan, kemudian dia memutuskan mencoba balapan atau tidak," kata tim manajer Repsol Honda, Alberto Puig, seperti dilansir Crash, Kamis (23/7/2020).  

"Tapi kami minta dia mencari tahu pada Sabtu terlebih dahulu dan benar-benar memahami apakah mampu melahap jarak jauh atau tidak. Jika terlalu berisiko, Marc sudah paham bahwa ide kami adalah membatalkan balapan," imbuh Puig soal skenario untuk Marquez. 

Berikut ini skenario lengkap Repsol Honda untuk Marc Marquez pada MotoGP Andalusia 2020

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Perincian Skenario

- Marc Marquez dipastikan absen pada sesi latihan bebas pertama dan kedua, Jumat (24/7/2020). Honda menilai tak ada urgensi bagi Marquez untuk ikut FP1 dan FP2 karena balapan masih memakai Sirkuit Jerez seperti pekan lalu. Dia telah menjajal lintasan pada pekan lalu sehingga sudah punya gambaran soal kondisi trek.  

- Marquez baru mulai turun ke lintasan pada Sabtu (25/7/2020), tepatnya pada FP3. Ia akan mencari catatan waktu lap yang dibutuhkan untuk kualifikasi.  

- Repsol Honda meminta Marquez menganalisis penampilannya selama sesi Sabtu, terutama pada FP3. Marquez diminta memahami bagaimana kondisi lengannnya dan efeknya untuk penampilannya. 

- Jika Marquez baik-baik saja selama sesi FP3 dan kualifikasi, maka ia akan lanjut membalap pada Minggu (26/7/2020).

- Namun jika kondisinya dinilai terlalu berisiko Honda akan membatalkan partisipasi Marquez pada MotoGP Andalusia 2020. 

Sumber: Crash 

Video Populer

Foto Populer