Sukses


Kualifikasi MotoGP Austria: Vinales Start Terdepan, Rossi Terlempar dari 10 Besar

Bola.com, Spielberg - Yamaha mendominasi sesi kualifikasi MotoGP Austria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (15/8/2020). Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) berhasil merebut pole, sedangkan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) start dari posisi ketiga. 

Posisi start kedua MotoGP Austria ditempati oleh Jack Miller. Adapun Andrea Dovizioso, yang mengumumkan akan berpisah dengan Ducati pada akhir musim ini, menempati posisi start keempat. 

Hasil kurang mengesankan dibukukan pembalap Monster Energy Yamaha lainnya, Valentino Rossi. The Doctor harus puas memulai balapan dari urutan ke-12. Adapun Franco Morbidelli, start di posisi keenam.  

Sesi kualifikasi kedua (Q2) berlangsung sengit. Memasuki lima menit Q2, Vinales, Quartararo, dan Miller memimpin di depan. Pembalap lainnya sedang berusaha menemukan kecepatan terbaik. 

Vinales terus mempertahankan posisinya hingga pertengahan Q2. Dia masih dibuntuti Quartararo. Adapun posisi ketiga ditempati oleh pembalap Suzuki, Joan Mir. Rekan setim Vinales, Rossi, masih tercecer di urutan kedelapan.

Sesi kualifikasi kedua ini berlangsung ketat. Jarak pembalap pertama hingga ke-12 hanya dipisahkan sekitar setengah detik. 

Sepuluh menit menjelang sesi berakhir, Franco Morbidelli membuat Yamaha menempati posisi 1-2-3. Posisi pertama dan kedua masih ditempati Vinales dan Quartararo.

Tak lama berselang, Andrea Dovizioso mengambil alih posisi teratas. Tapi, tak bertahan lama. Vinales kembali merebutnya.

Vinales mempertahankan catatan waktu tercepatnya hingga Q2 berakhir. Jack Miller menempati posisi kedua, diikuti Quartararo di urutan start ketiga.

Sebelumnya, persaingan sengit juga tersaji pada kualifikasi 1 ini melibatkan tiga pembalap, yaitu Johann Zarco, Valentino Rossi, dan Danilo Petrucci. Zarco memimpin di awal-awal 1, kemudian diikuti Petrucci dan Rossi. 

Mengingat hanya dua pembalap tercepat yang berhak melaju ke kualifikasi kedua, persaingan makin sengit. Rossi malah sempat melorot ke urutan keempat. 

Pada akhir Q1, Rossi melahap sesi tersebut dengan penampilan gemilang. Alhasil dia merangsek dari posisi keempat menuju kedua. 

Alhasil, jatah dua pembalap yang lanjut mengikuti kualifikasi pertama MotoGP Austria diambil oleh Zarco dan Rossi. Adapun Danilo Petrucci terpaksa start dari posisi ke-13. 

 

 

2 dari 3 halaman

Hasil Kualifikasi

1. Maverick Viñales (Monster Yamaha) 1 menit 23,450s

2. Jack Miller (Pramac Ducati) +0,068 detik 

3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) +0,087 detik

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +0,156 detik 

5. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) +0,162 detik 

6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,223 detik   

7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) +0,269 detik

8. Alex Rins (Suzuki Ecstar)  +0,281 detik 

9. Johann Zarco (Reale Avintia Ducati)  +0,378 detik

10. Takaaki Nakagami (LCR Honda)  +0,422 detik 

11. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) +0,489 detik

12. Valentino Rossi (Monster Yamaha) 0,545 detik 

Kualifikasi 1 

13. Danilo Petrucci (Ducati Team)

14. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini)

15. Cal Crutchlow (LCR Honda)

16. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3)

17. Brad Binder (Red Bull KTM Factory)

18. Alex Marquez (Repsol Honda)

19. Stefan Bradl (Repsol Honda)

20. Bradley Smith (Factory Aprilia Gresini)

21. Tito Rabat (Reale Avintia Ducati)

22. Michele Pirro (Ducati Team)

Sumber: Crash 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Maverick Vinales Juara di MotoGP Emilia Romagna

Video Populer

Foto Populer