Sukses


4 Fakta Balapan MotoGP San Marino: Alasan Tidak Pakai Nama MotoGP Italia dan Pernah Makan Korban Pembalap Moto2

Bola.com, Jakarta - Kini MotoGP 2020 sedang jeda selama dua pekan. Seri keenam baru berlangsung di Sirkuit Misano, San Marino, 11-13 September.

Misano tempat balapan MotoGP San Marino merupakan salah satu sirkuit baru di Kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Misano berulang kali keluar masuk kalender balapan. Pertama kali pada musim 1980. Lalu 1982, 1984-1987, 1989-1991, dan 1993. Namun setelah momen edisi 1993, sirkuit ini sempat lama absen dan baru kembali pada tahun 2007.

Tercatat sejak kembali menggelar balapan MotoGP tahun 2007, hanya ada enam pembalap berbeda bisa meraih kemenangan MotoGP San Marino.

Enam sosok rider tersebut adalah Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso.

Pada artikel kali ini, Bola.com mengajak pembaca mengetahui beberapa fakta mengenai balapan MotoGP San Marino. Berikut daftarnya.

2 dari 3 halaman

Fakta Sirkuit Misano

Sirkuit di Italia tapi Nama Balapan MotoGP San Marino

Sirkuit Misano terletak di Misano Adriatico, Provinsi Rimini, Emilia-Romagna, Italia. Dinamakan MotoGP San Marino lantaran status MotoGP Italia sudah menjadi milik Sirkuit Mugello. San Marino sendiri memang negara yang sangat dekat dari Misano. MotoGP Italia sendiri tidak digelar musim ini akibat pandemi COVID-19.

Punya Ayah Mendiang Marco Simoncelli

Berbicara Sirkuit Misano tak lengkap rasanya tak membicarakan nama mendiang Marco Simoncelli. Ya trek ini memang dimiliki ayah Marco, Paolo Simoncelli. Oleh Paolo pada tahun 2012, nama sirkuit ditambah menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli untuk mengenang sang anak yang meninggal dunia pada balapan MotoGP Malaysia 2011.

Tempat Wafatnya Pembalap Moto2

Sirkuit Misano pernah memakan korban saat sedang menggelar balapan. Tepatnya kelas Moto2 2010. Kala itu, pembalap Jepang, Shoya Tomizawa meninggal dunia setelah kehilangan kendali motor kemudian tubuhnya dihajar oleh motor Scott Redding dan Alex de Angelis.

Trek Pendek

Pada tahun 1969, Sirkuit Misano dikenal sebagai trek yang pendek. Lantaran hanya memiliki panjang 3,4 km. Namun pada tahun 1993, trek mengalami pembangunan dan kini punya panjang 4 km.

 

Sumber: Dari berbagai sumber

 

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer