Sukses


Menangis di Podium, Fabio Quartararo Ungkap 2 Kunci Memenangi MotoGP Catalunya

Bola.com, Catalunya - Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, berhasil menjuarai MotoGP Catalunya yang digelar di Sirkuit Catalunya, Minggu (27/9/2020). Quartararo finis tercepat dengan catatan waktu 40 menit 33,176 detik.

Kemenangan kali ini membuatnya emosional. Tampak ia menangis di podium ketika lagu kebangsaan Prancis diperdengarkan. 

Fabio Quartararo mengawali balapan MotoGP Catalunya pada posisi kedua di belakang Franco Morbidelli yang meraih pole position. Pada awal balapan, Quartarao sempat disalip Valentino Rossi sehingga ke posisi tiga.

Namun, Quartararo berhasil kembali menyalip Rossi pada lap keenam. kemudian mengasapi Franco Morbidelli pada lap kesembilan dan berhasil mempertahankan posisi terdepan hingga finis.

Quartararo menilai, kemenangannya diraih karena berhasil mengawali balapan di barisan terdepan. Selain itu, Quartararo juga berhasil melakukan manuver menyalip ketika berada di trek lurus.

"Hal terpenting adalah kemarin saat bisa meraih barisan terdepan dalam kualifikasi. Saya tidak melakukan start yang baik, akan tetapi melakukan pengereman yang bagus," kata Quartararo usai balapan.

"Saya berhasil menyalip tiga kali dan seperti yang saya katakan ketika bisa menyalip di lintasan lurus, maka kami bisa berjuang untuk meraih kemenangan," tegas pembalap 21 tahun itu.

Kemenangan ini menjadi yang ketiga diraih Quartararo pada MotoGP 2020. Sebelumnya, Quartararo juga sukses meraih kemenangan pada dua seri awal di Jerez dan Andalusia.

"Saya banyak menderita bulan lalu. Tidak pernah lagi meraih podium sejak balapan di MotoGP Andalusia di Jerez. Itu tidak mudah untuk pikiran saya. Terima kasih untuk keluarga, orang-orang yang selalu mendukung saya," ujar Fabio Quartararo.

2 dari 3 halaman

Kuasai Puncak

Tambahan 25 poin hasil kemenangan di MotoGP Catalunya membuat Fabio Quartararo menjadi pemuncak klasemen sementara. Pembalap asal Prancis saat ini berada di puncak dengan raihan 108 poin.

Quartararo unggul delapan poin dari Joan Mir yang membayangi di posisi kedua. Adapun peringkat ketiga diraih Maverick Vinales dengan koleksi 90 poin.

Sementara itu, Andrea Dovizioso harus terjun bebas ke posisi empat klasemen sementara. Dovizioso tak membawa pulang poin dari MotoGP Catalunya karena jatuh usai melakukan start pada balapan tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

MotoGP Aragon 2020: Alex Rins Juara, Fabio Quartararo Terpuruk

Video Populer

Foto Populer