Sukses


Ada Andil Menantu Wakil Presiden di Balik Proyek Indonesia Racing Team di MotoGP

Bola.com, Jakarta - Motorsport nasional dikagetkan kabar bahwa bakal ada tim asal Indonesia di ajang MotoGP 2021. Awalnya tim ini ingin ikut tiga kelas sekaligus: Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Tapi karena proses pembentukan tim di MotoGP sangat sulit, paling realistis Indonesia Racing Team akan turun pada kelas Moto2 dan Moto3. Pertanyaan pun muncul, siapa penggagas proyek Indonesia Racing Team ini?

Direktur Komersial Indonesia Racing Team, Irawan Sucahyono pun menyebut nama Rapsel Ali. "Penggagasnya Rapsel Ali. Sudah mendapat persetujuan dari Menpora (Zainudin Amali)," kata Irawan saat diwawancara Bola.com, Minggu (11/10/2020).

"Rapsel Ali ini menantu Wapres (Wakil Presiden Ma'ruf Amin). Orang Partai Nasdem, kini ada di Komisi VI DPR RI. Yang saya tahu aktif juga di HDCI (Harley Davidson Club Indonesia)," tambahnya.

Mengenai pendanaan Indonesia Racing Team, Irawan Sucahyono menceritakan membuka pintu semua pihak untuk bekerja sama.

"Karena ini bakal jangka panjang. Awalnya yang pasti wajib dapat dukungan dari pemerintah. Setelah itu, kita bicara business to business," ucap Irawan Sucahyono.

2 dari 3 halaman

MotoGP Indonesia

Jika proyek Indonesia Racing Team bisa terealisasi, maka bakal jadi kebanggaan tersendiri untuk dunia motorsport nasional. Karena kini Indonesia juga sedang bersiap menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021.

Mengenai apakah tim ini bakal turun hanya saat Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP atau full season yang berarti satu musim penuh, Irawan melanjutkan: "Full season ya."

"Rencana sebenarnya ikut tiga kelas sekaligus: MotoGP, Moto2, dan Moto3. Tapi MotoGP sulit, karena harus dapat persetujuan dari Dorna (penyelenggara MotoGP)," Irawan menuturkan.

"Terlebih kini semua tim MotoGP sudah terikat kontrak dengan Dorna. Jadi paling mudah itu Moto2. Karena mesin sama semua. Jadi realistisnya ikut Moto2 dan Moto3," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer