Sukses


Ternyata Hal Ini yang Membuat Valentino Rossi Optimistis Tatap MotoGP 2021 Meski Memperkuat Tim Satelit

Bola.com, Tavullia - Valentino Rossi akan masuk era baru pada MotoGP 2021. Setelah sekian lama lekat dengan tim pabrikan Yamaha, ia hanya memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT musim depan.

Meski hanya memperkuat tim satelit, Valentino Rossi menyimpan rasa optimisme bahwa dirinya bisa tampil kompetitif. Adalah fakta banyaknya pembalap dari tim satelit yang bersinar pada MotoGP 2020.

Data bahkan menyebutkan, pembalap terbaik Yamaha di klasemen akhir MotoGP 2020 bukanlah pembalap pabrikan. Melainkan Franco Morbidelli yang notabene rekan setim Rossi di musim 2021.

"Di tim satelit, Anda hanya fokus pada kinerja selama akhir pekan. Dan kami telah melihat bahwa tim satelit tampaknya bekerja lebih baik daripada tim pabrikan belakangan ini," kata Rossi tersenyum.

Pembalap berusia 41 tahun itu benar. Contoh terbaru adalah pembalap yang berhasil naik podium pada balapan MotoGP Portugal, beberapa pekan lalu. Kala itu baik Miguel Oliveira (Tech3), Jack Miller (Pramac) dan Franco Morbidelli (Petronas) semua berstatus pembalap tim satelit.

Valentino Rossi turut memberikan contoh pada sesi kualfikasi MotoGP Portugal. "Pembalap pabrikan terbaik ada di posisi tujuh. Lalu urutan 1-5 semua tim satelit. Dan urutan keenam merupakan pembalap pengganti (Stefan Bradl pengganti Marc Marquez)," Rossi memberikan analisis.

2 dari 3 halaman

Plus Minus

Valentino Rossi turut mengatakan membeberkan plus minus memperkuat tim pabrikan. Menurutnya kelebihan berada di pabrikan adalah soal jumlah sumber daya manusia yang terlibat dalam satu tim.

"Menurut saya, ada keuntungan berada di tim pabrikan. Misalnya, ada lebih banyak orang yang bekerja pada motor, tenaga kerja, hanya dalam hal jumlahnya," Rossi menerangkan.

"Tetapi ada juga kerugian pada tim pabrikan karena ada banyak hal yang harus dicoba pada motor Yamaha sepanjang tahun ini. Karena pada akhirnya, tim pabrikan bertanggung jawab untuk pengembangan motor," lanjutnya.

Kesimpulannya di MotoGP 2021, Valentino Rossi bakal lebih banyak mengendarai motor Yamaha YZR-M1 hasil pengembangan dan masukan dari pembalap pabrikan: Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Sangat penasaran bukan, apakah juara dunia sembilan kali tersebut bisa kompetitif bersama Petronas Yamaha SRT.

 

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer