Sukses


Kumpulan Fakta Menarik Pasca-MotoGP Qatar 2021: Rekor Impresif Pecco Bagnaia dan Posisi Terbaik Valentino Rossi

Bola.com, Losail - Sesi kualifikasi MotoGP Qatar telah rampung dihelat pada Minggu (28/3/2021) dini hari WIB. Francesco Bagnaia berhasil menorehkan waktu tercepat dan menempati posisi start terdepan.

Dalam kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Bagnaia tampil impresif sejak awal Q2. Dia membukukan 1 menit 53,273 detik sekaligus memecahkan rekor lap tercepat MotoGP di Sirkuit Losail.

Sebelumnya rekor tersebut dipegang Marc Marquez pada 2019 lalu lewat torehan 1 menit 53,380 detik. Meski sempat dilewati Jack Miller dan Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia mempertajam catatan waktu sebagai pembalap tercepat.

Rider berusia 24 tahun tersebut menorehkan waktu 1 menit 52,772. Francesco Bagnaia pun menjadi pembalap pertama yang berhasil membukukan 1 menit 52 detik di Sirkuit Losail.

Sementara itu, posisi start kedua MotoGP Qatar dihuni Fabio Quartararo dengan catatan waktu 1 menit 53,038 detik. Disusul Maverick Vinales dan Valentino Rossi di urutan tiga serta empat.

Bagi Rossi, pencapaian tersebut adalah posisi start terbaik di MotoGP Qatar. Sebelumnya, Valentino Rossi mampu menghuni urutan kedua pada sesi kualifikasi di Sirkuit Losail pada 2010.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

1. Francesco Bagnaia untuk pertama kalinya meraih pole position di MotoGP. Bagnaia juga menorehkan rekor lap tercepat sepanjang masa di Sirkuit Losail, Qatar.

2. Bagnaia menjadi polesitter (pembalap di posisi start terdepan) keenam berbeda dalam enam balapan terakhir di MotoGP. Diawali Fabio Quartararo di MotoGP Aragon pada tahun lalu, disusul Takaaki Nakagami (MotoGP Teruel), Pol Espargaro (MotoGP Eropa), Franco Morbidelli (MotoGP Valencia) dan Miguel Oliveira (MotoGP Portugal).

3. Terakhir kali ada enam polesitter berbeda dalam enam balapan MotoGP adalah pada 2018 dari seri Argentina ke Catalunya.

4. Valentino Rossi meraih posisi start keempat di Sirkuit Losail pada musim ini. Bagi Rossi, itu adalah catatan terbaiknya pada sesi kualifikasi di MotoGP Qatar sejak 2010. Pada musim tersebut, The Doctor berada di posisi kedua.

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

5. Pembalap Ducati, Jack Miller, akan menjalani balapan ke-100 di MotoGP. Miller mengincar tiga podium beruntun untuk pertama kalinya di MotoGP, setelah sebelumnya finis di posisi kedua di seri Valencia dan Portugal musim lalu.

6. Johann Zarco menorehkan rekor kecepatan tertinggi pada FP4 MotoGP Qatar musim ini, dengan kecepatan 362,4 km/jam. Zarco pun menorehkan catatan waktu tercepat keenam pada sesi kualifikasi di Sirkuit Losail.

7. Alex Rins berhasil menempati posisi sembilan pada kualifikasi MotoGP Qatar musim ini. Bagi Rins, itu ada sesi kualifikasi terbaik sejak menempati posisi start kedua di seri Eropa musim lalu. Andai meraih podium juara, Rins akan memberikan kemenangan perdana untuk Suzuki di Sirkuit Losail.

8. Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, menghuni posisi start ke-11 sekaligus tempat terbaik untuk pembalap Honda di MotoGP Qatar musim ini. Selain itu, torehan tersebut untuk pertama kalinya tak ada satu pun pembalap Honda yang menempati posisi 10 besar pada kualifikasi MotoGP Qatar.

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer