Sukses


Cuaca Bisa Berubah Cepat di MotoGP Prancis, Ini Kata Marc Marquez dan Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2021 akan masuk seri kelima di Sirkuit Le Mans, Prancis, 14-16 Mei. MotoGP Prancis merupakan salah satu balapan ikonik dan penuh sejarah. Maklum Sirkuit Le Mans sudah sangat lama menggelar aksi balap Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Yang paling unik dari Sirkuit Le Mans bukan hanya soal karakteristik treknya tapoi juga cuaca. Ya cuaca selama rangkaian MotoGP Prancis memang bisa berubah sangat cepat.

Pembalap bisa saja masuk ke trek dalam kondisi aspal kering tapi hanya hitungan menit, hujan dan angin kencang datang. Ini tentu tantangan berat untuk pembalap.

Apalagi untuk Valentino Rossi yang sedang membutuhkan hasil bagus di MotoGP 2021. Menurutnya fakta cuaca sering berubah pada MotoGP Prancis bakal membuat perjuangannya semakin berat.

"Ya, itu mengkhawatirkan (cuaca) karena saya sangat menyukai Le Mans dan secara historis ini juga trek yang bagus untuk Yamaha jadi saya berharap akhir pekan yang kering (tidak hujan)," kata Valentino Rossi.

"Tapi cuacanya seperti ini (sulit diprediksi) dan kita akan lihat. Akan menjadi penting untuk mencoba kompetitif di semua kondisi karena cuaca berubah setiap sepuluh menit," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Tantangan untuk Marc Marquez

Bukan cuma Valentino Rossi, cuaca yang sering berubah di MotoGP Prancis juga jadi tantangan berat untuk pembalap yang kondisi fisiknya belum 100 persen seperti Marc Marquez.

Ketika ditanya soal apakah dirinya lebih senang mengaspal di Sirkuit Le Mans dalam kondisi trek kering atau basah, Marc Marquez tidak punya jawaban pasti.

"Entahlah. Tentu saja di satu sisi saya ingin berkendara dalam keadaan kering, karena ini cara terbaik untuk melanjutkan rehabilitasi pribadi saya," Marc Marquez menuturkan.

"Di sisi lain, kondisi basah, Anda tidak pernah tahu. Ini lebih banyak lotre. Tentu saja batasan yang saya miliki sekarang adalah tentang kondisi fisik dan memang (trek) basah tidak terlalu menuntut (fisik). Jadi ini bisa membantu."

"Tapi di sisi lain posisi (berkendara) saya di motor tidak sama seperti biasanya. Kita lihat saja," lanjut pembalap asal Spanyol itu.

Adapun rangkaian MotoGP Prancis akan dimulai pada hari Jumat, 14 Mei 2021. Dua sesi latihan bebas (FP1 dan FP2) bakal digelar sepanjang hari ini.

Sumber: Crash

Video Populer

Foto Populer