Sukses


Pembalap Moto3 Jason Dupasquier Meninggal Dunia Setelah Kecelakaan Parah di Sirkuit Mugello

Bola.com, Mugello - Kabar duka datang dari ajang Moto3. Pembalap Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia, Minggu (30/5/2021), setelah mengalami kecelakaan parah pada sesi kualifikasi di Sirkuit Mugello sehari sebelumnya. 

Kecelakaan mengerikan ini melibatkan tiga pembalap sekaligus yaitu Ayumu Sasaki, Jeremy Alcoba, dan Jason Dupasquier di Tikungan 9. Nama terakhir menerima efek paling parah dari kejadian di atas.

Mengutip situs Speedweek yang mendapat informasi dari Dokter MotoGP, Dr. Angel Charte menyebutkan kepala Jason Dupasquier ditabrak motor Ayumu Sasaki yang memang tidak bisa menghindar.

Akibat kecelakaan yang dialami Jason Dupasquier, bendera merah sempat berkibar sekaligus mengakhiri kualifikasi Moto3 Italia dan menunda beberapa menit gelaran FP4 MotoGP Italia.

Pembalap berusia 19 tahun itu mendapat perawatan medis langsung di trek. Dalam keterangan resminya, FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional) Medical Officer Giancarlo di Filippo menyebutkan Jason Dupasquier sudah diterbangkan ke rumah sakit untuk menjalani tindakan lebih lanjut.

Namun, nyawa Jason Dupasquier tidak dapat diselamatkan. Luka-lukanya terlalu parah dan ia tutup usia pada hari ini. Pihak MotoGP langsung mengumumkan kabar duka itu tak lama setelah balapan Moto3 Italia. 

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Duka Cita dari MotoGP

"Menyusul insiden serius pada sesi Kualifikasi Moto3 2 di Gran Premio d'Italia Oakley, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3 Jason Dupasquier," tulis pihak MotoGP melalui pernyataan resminya. 

"Dupasquier terlibat dalam insiden multi-pembalap antara Tikungan 9 dan 10, dengan pengibaran bendera merah sesudahnya. Kendaraan Intervensi Medis FIM tiba di lokasi dengan segera dan pembalap Swiss itu dirawat di jalurnya sebelum dipindahkan dengan helikopter medis, dalam keadaan stabil, ke Rumah Sakit Careggi di Florence."

"Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pembalap Swiss itu, rumah sakit telah mengumumkan bahwa Dupasquier dengan sedih menyerah pada luka-luka yang dialaminya."

"Dupasquier telah membuat awal yang mengesankan untuk musim keduanya di kelas ringan balap Grand Prix, secara konsisten mencetak poin dan masuk dalam sepuluh besar klasemen. FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang terkasih Dupasquier," imbuh pihak MotoGP. 

 

 

3 dari 3 halaman

Thomas Luthi Mundur dari Balapan Moto2 Italia

Putra dari pembalap motorcross Phillipe Dupasquier, Jason, itu memulai karirnya di Supermoto dan merupakan beberapa kali juara di Swiss sebelum beralih ke road racing.

Setelah melakukan debut di Grand Prix pada awal musim lalu, Dupasquier tetap bersama tim PrustelGP selama 2021. Dia mencetak poin di semua lima seri sebelum Mugello, termasuk finis ketujuh, hanya terpaut 1,043 dari kemenangan, di Jerez awal bulan ini.

Rekan senegaranya, Thomas Luthi, mengundurkan diri dari balapan Moto2 Italia untuk berada di sisi Dupasquier di rumah sakit.

Video Populer

Foto Populer