Sukses


Mengenal Jason Dupasquier, Pembalap Moto3 yang Wafat Akibat Kecelakaan Horor di Sirkuit Mugello

Bola.com, Jakarta - Pembalap CarXpert PrustelGP, Jason Dupasquier, meninggal dunia pada Minggu (30/5/2021) sore WIB. Dupasquier wafat setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat mengalami kecelakaan hebat pada sesi kualifikasi Moto3 Italia.

Pembalap asal Swiss itu mengalami kecelakaan bersama rider Red Bull KTM Tech 3, Ayumu Sasaki, dan pembalap Indonesian Racing Team Gresini, Jeremy Alcoba, di Tikungan 9 Sirkuit Mugello, Sabtu (29/5/2021).

Sasaki dan Alcoba tak mengalami cedera parah. Akan tetapi, Jason Dupasquier tak sadarkan diri dan harus ditangani oleh petugas medis dan staf medis sirkuit, setelah mendapat hataman dari motor Ayumu Sasaki.

Setelah evakuasi selama 45 menit, pembalap berusia 19 tahun itu pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Careggi di Florensia, Italia, menggunakan helikopter.

Dia dinyatakan mengalami politrauma di bagian kepala, dada, dan perut, serta telah dioperasi semalam. Sayangnya, nyawa Jason Dupasquier tak terselamatkan.

"Menyusul insiden serius pada sesi Kualifikasi Moto3 2 di Gran Premio d'Italia Oakley, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3 Jason Dupasquier," tulis pihak MotoGP melalui pernyataan resminya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier Jason Dupasquier

Dupasquier merupakan anak dari eks pembalap motocross, Philippe Dupasquier. Dia mulai belajar mengendarai motor sejak berusia lima tahun dengan motor dirt bike, dan sempat menjadi rider supermoto.

Dia bahkan merebut beberapa gelar di kejuaraan nasional supermoto sebelum banting setir ke ajang road race. Pada 2015, Jason Dupasquier turun di ajang ADAC NEC Championship Moto3, dan merebut gelar juara pada 2016.

Setahun setelahnya, Jason Dupasquier tampil di Moto3 Junior World Championship. Dia sempat dijadwalkan turun di ajang Red Bull Rookies Cup pada 2018, namun cedera patah tulang femur membuatnya harus menunda niatan itu.

Setelah pulih, Dupasquier akhirnya baru bisa bergabung di Rookies Cup pada 2019 dan mengakhiri musim di peringkat kedelapan. Prestasi ini membuatnya digaet oleh PrustelGP dan diturunkan di Grand Prix Moto3 pada 2020.

Tahun ini, dia membela tim yang sama dengan hasil terbaik finis ketujuh di Seri Jerez, Spanyol. Selamat jalan, Jason Dupasquier. Ride in peace.

Sumber: Corsedimoto, MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya/Published: 30/5/2021)

Video Populer

Foto Populer