Sukses


Marc Marquez Ungkap Penyebab Lakukan Start Aneh di MotoGP Amerika Serikat

Bola.com, Austin - Marc Marquez tercecer ke urutan terakhir ketika melakukan start di MotoGP Amerika Serikat, Senin (11/4/2022) dini hari WIB. Pembalap Repsol Honda itu pun mengungkapkan penyebab situasi aneh tersebut.

Dalam balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas, Marquez menempati posisi start sembilan. Bagi Marc Marquez, ini adalah balapan comeback setelah sebelumnya absen di MotoGP Mandalika dan Argentina.

Pembalap berjulukan The Baby Alien itu harus absen dalam dua seri tersebut, karena cedera diplopia atau penglihatan ganda di mata kanannya kembali kambuh. 

Ketika balapan dimulai, motor RC213V milik Marc Marquez seperti kehilangan tenaga dan melorot ke urutan terakhir. Seperti dilansir Crash, Marquez seperti mengaktifkan tombol pembatas kecepatan yang terdapat di motornya.

Meski tercecer ke posisi paling buncit, Marc Marquez tak patah arang. Pembalap asal Spanyol tersebut langsung memacu motornya bak kesetanan.

Hal itu dilakukan demi mengejar rider yang ada di depannya. Akibatnya, Marquez beberapa kali nyaris terjatuh dan melebar ketika menggeber RC213V dengan maksimal.

Setelah melibas 18 pembalap, dia berhasil finis di urutan keenam dengan catatan waktu 41 menit 29,728 detik. Marc Marquez tertinggal hingga 6,760 detik dari Enea Bastianini yang berhasil meraih podium juara di MotoGP Amerika Serikat.

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Start Aneh

Marc Marquez mengaku kecewa gagal meraih hasil bagus di MotoGP Amerika Serikat. Kendala teknis pada saat start membuat pembalap berusia 29 tahun itu tak bisa memaksimalkan kecepatan motornya.

"Kami mengalami masalah teknis. Honda sedang menyelidiki, tetapi mereka kurang lebih sudah tahu apa masalah itu. Sejak saya tiba di awal saya melihat beberapa alarm (lampu peringatan di dasbor)," jelas Marquez.

"Saya coba untuk melakukan start, tetapi motornya gila dan saya pikir itu sesuatu yang besar, karena sampai tikungan pertama tidak ada tenaga dari motor," lanjutnya seperti dilansir Crash

"Saya bahkan memeriksa, 'apakah saya mengaktifkan pembatas kecepatan di pit?' Tetapi tidak. Alarm tetap menyala untuk balapan, tetapi untungnya setelah tikungan pertama, ketika perangkat holeshot dan semuanya terlepas, motor bekerja kurang lebih dengan cara yang baik."

 

3 dari 4 halaman

Posisi Marc Marquez di Klasemen

Finis keenam di MotoGP Amerika Serikat membuat Marc Marquez kini berada di tempat ke-13 klasemen sementara pembalap dengan nilai 21. Dia tertinggal 40 poin dari Enea Bastianini yang menghuni posisi teratas.

"Itu tidak sempurna, karena masih ada yang salah, tetapi itu bekerja dengan baik. Sejak saat itu, kami memulai balapan lain," ucap juara dunia enam kali MotoGP tersebut.

4 dari 4 halaman

Simak Aksi Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat

Video Populer

Foto Populer