Sukses


Top Speed Yamaha Membaik di Tes Pramusim MotoGP Sepang tapi Fabio Quartararo Bilang Motor Bak Mimpi Buruk

Bola.com, Jakarta - Fabio Quartararo mengeluarkan kritik terhadap performa motor Yamaha YZR-M1 usai menuntaskan hari ketiga atau terakhir tes pramusim MotoGP Sepang hari Minggu (12/02/2023).

Sebenarnya selama tes pramusim MotoGP Sepang, motor Yamaha YZR-M1 memperlihatkan peningkatan dalam aspek top speed. Top speed merupakan kelemahan Yamaha beberapa musim terakhir yang dikeluhkan Fabio Quartarar. 

Namun di Sepang, top speed tertinggi motor Yamaha tembus 335,4 km/jam atau hanya berselisih 2,1 km/jam dari motor rajanya top speed, Ducati.

Namun Fabio Quartararo merasa kaget ketika mencoba motor Yamaha YZR-M1 menggunakan ban baru plus dalam mode kualifikasi atau time attack.

Performa motor sangat buruk sehingga menempatkannya di posisi 19 hari terakhir tes pramusim MotoGP Sepang. Dia berselisih 1,054 detik dari pembalap tercepat, Luca Marini. 

2 dari 3 halaman

Bak Mimpi Buruk

Mengenai performa motor Yamaha YZR-M1 saat gunakan ban baru, Fabio Quartararo sampai bilang bak mimpi buruk.

"Saya mengakhiri tes pramusim MotoGP Malaysia dengan perasaan campur aduk. Saya cukup senang tentu saja dengan peningkatan top speed pada motor, ini sudah lama saya minta," ungkap Fabio Quartararo.

"Saya gunakan ban bekas, saya sangat senang. Saya mencatat 22 lap dengan ban itu lewat catatan waktu rata-rata 2 menit."

"Kemudian saya ganti pakai ban baru dan itu seperti mimpi buruk. Jadi kami harus mencari tahu kenapa dengan ban baru kami justru tidak bisa membuat langkah maju," lanjut pembalap berusia 23 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Penting

Buat Fabio Quartararo performa motor gunakan ban baru saat mode time attack sangat penting. Karena pada musim lalu, ia begitu kesulitan saat kualifikasi.

Data statistik menuliskan, pada MotoGP 2022, ia hanya mencatat sekali pole position. Bandingkan dengan musim 2019 atau tahun debutnya pada kelas MotoGP, di mana Quartararo membukukan enam pole position.

"Tahun lalu saat kualifikasi di Sepang, kami juga kesulitan. Tapi itu bukan alasan kami tertinggal satu detik dan itu tidak terlihat bagus," kata Fabio Quartararo.

"Jadi mudah-mudahan pada tes pramusim berikutnya di Portimao, Portugal, kami menemukan solusinya," tambahnya. Adapun tes pramusim MotoGP Portimao berlangsung pada 11-12 Maret. 

Video Populer

Foto Populer