Sukses


Duh, Rahang Pol Espargaro Retak Usai Kecelakan pada Sesi Latihan Kedua MotoGP Portugal 2023

Bola.com, Jakarta - Pembalap GASGAS Factory Racing Tech 3, Pol Espargaro, mengalami rentetan cedera parah menjelang dimulainya MotoGP 2023. Ia mengalami kecelakaan hebat di tikungan 10 dalam sesi latihan kedua (P2) MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Jumat (25/3/2023).

Pol Espargaro mengalami dua kecelakaan besar dalam sesi tersebut, tetapi ia mampu kembali ke garasi usai kecelakaan pertama. Bahkan bisa kembali berkendara di lintasan.

Namun, kecelakaan yang kedua, yang terjadi saat sesi menyisakan 14 menit, berdampak cukup buruk.

Pol Espargaro terlihat terlempar dari motornya, kemudian tubuhnya berguling-guling di atas gravel tikungan 10, yang kerikilnya mendapat banyak keluhan dari para rider MotoGP selama empat tahun terakhir akibat ukurannya yang terlalu besar dan sangat berbahaya.

2 dari 4 halaman

Dalam Keadaan Sadar

Sesi latihan pun segera dihentikan sementara, karena Espargaro membutuhkan bantuan petugas medis di tempat kejadian. Setelah dinyatakan sadar, 'Polyccio' dimasukkan ke dalam ambulans dan diterbangkan dengan helikopter ke Rumah Sakit Faro.

"Pol Espargaro mengalami kecelakaan dengan intensitas tinggi dan menderita beberapa trauma. Untuk menentukan detailnya, ia harus dievaluasi lewat pemeriksaan lebih jauh di Rumah Sakit Faro, terutama pada tulang belakangnya," ujar Direktur Medis MotoGP, Angel Charte.

Charte juga menyatakan level oksigen Espargaro cukup baik, tetapi paru-parunya mengalami memar-memar, dan hal tersebut harus dikonfirmasi lewat CT scan dan MRI di rumah sakit. Dokter asal Spanyol ini pun bersyukur Espargaro tak pernah kehilangan kesadaran dan bisa merespons dengan baik.

3 dari 4 halaman

Dukungan Penuh

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Espargaro mendapatkan bius ringan lewat obat penghilang rasa sakit. Ia bisa menggerakkan kaki dan lengan tangan dengan baik, mengenyahkan kekhawatiran adanya cedera permanen pada tulang belakangnya.

Namun, setelah dibawa ke Rumah Sakit Faro, MotoGP mengonfirmasi bahwa Espargaro mengalami memar-memar pada paru-paru, keretakan tulang rahang, dan keretakan tulang belakang dorsal.

Belum diketahui seberapa lama waktu yang dibutuhkan Espargaro untuk pulih. Sang kakak, Aleix Espargaro, lewat Instagram memberikan dukungan moral.

"Kau orang pemberani. Seperti biasanya, dalam dua hari, kau akan bersemangat lagi! Aku menyayangimu, Pol," tulisnya.

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 25/3/2023)

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP Portugal 2023

Sabtu, 25 Maret 2023

  • Latihan Bebas – Pukul: 17.10-17.40 WIB
  • Kualifikasi 1 – Pukul: 17.50-18.05 WIB
  • Kualifikasi 2 – Pukul: 18.15-18.30 WIB
  • Sprint Race – Pukul: 22.00 WIB

Minggu, 26 Maret 2023

  • Race - Pukul 20.00 WIB

Video Populer

Foto Populer