Sukses


MotoGP 2023: Demi Efek Jera, FIM Ralat Keputusan dan Tetap Jatuhi Marc Marquez Sanksi Berat

Bola.com, Jakarta - FIM Stewards Panel secara resmi memberikan klarifikasi mengenai dua long lap penalty yang dijatuhkan kepada Marc Marquez seusai tabrakannya dengan Miguel Oliveira dan Jorge Martin di MotoGP Portugal, Minggu (26/3/2023). Sempat dibatalkan, hukuman tersebut akhirnya tetap harus dijalani Marquez.

Marc Marquez dianggap menabrak Oliveira dan Martin di Tikungan 3 pada Lap 3 main race, mengakibatkan cedera bagi ketiganya. Setelah balapan, rider Repsol Honda itu dijatuhi hukuman dua long lap penalty yang harus dijalani dalam main race MotoGP Argentina pada 2 April 2023 mendatang.

Hanya saja, seusai pulang ke Madrid, Marc Marquez harus menjalani operasi tulang metakarpal pertama yang retak di tangan kanan. Honda pun mengumumkan ia harus absen dari Seri Argentina.

Menurut regulasi FIM, sebuah hukuman yang harus dijalani seorang rider pada seri berikutnya otomatis sirna jika rider terkait absen dari seri tersebut. Ini membuat pembalap lain protes. Lantas bagaimana tindakan FIM?

2 dari 3 halaman

Belum Diketahui Kapan Bakal Kembali Balapan

Batalnya hukuman Marquez ini pun diprotes oleh banyak penghuni paddock MotoGP. Pasalnya, hukuman seharusnya tetap dijalankan demi memberi efek jera. Namun, pada Selasa (28/3/2023), FIM Stewards akhirnya meralat hal tersebut dengan memberikan klarifikasi secara publik.

Dalam pernyataan resminya, FIM Stewards menyatakan bahwa Marquez tetap harus menjalani dua long lap penalty ketika sudah kembali balapan. Honda belum memastikan kapan ia akan kembali berlaga, tetapi ia ditargetkan hadir dalam MotoGP Austin pada 14-16 April 2023 nanti.

Berikut pengumuman resmi dari FIM Stewards mengenai hukuman Marc Marquez seperti yang dikutip dari edaran di situs resmi MotoGP.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi FIM MotoGP Stewards Panel

"Menyusul keputusan FIM MotoGP Stewards Panel yang diambil pada 26/03/2023 pada pukul 15.13 (waktu setempat), FIM MotoGP Stewards Panel mengklarifikasi keputusannya mengenai penerapan (hukuman).

"Mengingat cedera dan non-partisipasi Marc Marquez, rider #93, di Gran Premio Michelin de La Republica Argentina, dan maksud yang mendasari keputusan FIM MotoGP Stewards Panel, maka dua long lap penalty harus dijalani oleh sang rider pada balapan MotoGP selanjutnya, di mana ia bisa berpartisipasi."

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, 28/3/2023)

Video Populer

Foto Populer