Sukses


Jadi Penyebab Banyak Kecelakaan, Portimao Terancam Dicoret dari MotoGP

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2023 baru menyelesaikan balapan seri pertama. Autódromo Internacional do Algarve yang terletak di Portimao, Portugal, menjadi arena berlaga para pembalap pada akhir pekan lalu.

Namun, kondisi sirkuit itu mendapatkan banyak kritik. Sebab, ada empat pembalap yang menjadi korban di Portimao pada akhir pekan lalu.

Pol Espargaro menjadi nama pertama yang mengalami cedera di MotoGP 2023. Ia mengalami patah tulang belakang ketika menjalani sesi latihan bebas kedua pada Jumat (24/3/2023).

Menyusul Espargaro, ada pembalap asal Italia Enea Bastianini. yang mengalami cedera bahu setelah bersenggolan dengan sesama pembalap asal Italia, Luca Marini pada spint race MotoGP yang digelar Sabtu (25/3/2023).

Selain itu, ada Marc Marquez dan Miguel Oliveira. Keduanya terlibat tabrakan yang cukup parah di salah satu tikungan Algarve International Circuit.

2 dari 3 halaman

Bisa Dicoret

Menurut media Jerman, Speedweek, manajemen sirkuit Autódromo Internacional do Algarve sebenarnya sudah melakukan perbaikan setelah rentetan kecelakaan pada akhir pekan lalu. Namun, perbaikan yang dilakukan cukup minor.

Batu-batu seukuran telur tidak dipindahkan dari area gravel sirkuit, tetapi hanya diisi dengan beberapa truk penuh kerikil. Lapisan kerikil kemudian cuma setinggi maksimal 3 cm. Padahal, sesuai peraturannya, gravel di sirkuit membutuhkan lapisan kerikil setinggi 25 sentimeter.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, bicara mengenai kondisi terkini Portimao. Ia menyebut Portimao bisa dicoret dari kalender MotoGP.

"Kecuali jika keadaan lapisan kerikil benar-benar berubah, kami tidak akan mengadakan acara MotoGP di sini tahun depan. Itu cukup jelas," kata Carmelo Ezpeleta.

3 dari 3 halaman

Banyak Negara Lain

Carmelo Ezpeleta pun sedikit mengeluarkan ancaman kepada Portimao. Jika mereka tidak berbenah, sudah ada banyak negara lain yang mengantre untuk menjadi tuan rumah MotoGP.

"Dengan situasi saat ini, yang memakan banyak korban, Portimao 2024 tidak akan mendapat tempat di kalender. Kami memiliki cukup banyak permintaan dari negara dan sirkuit lain. Saya menjelaskannya dengan sangat jelas kepada Portugal," tegas Ezpeleta.

Para pembalap MotoGP 2023 saat ini tengah berada di Argentina. Mereka akan menjalani seri kedua yang akan berlangsung di Autódromo Termas de Río Hondo.

Video Populer

Foto Populer