Sukses


Keikutsertaan di MotoGP Amerika Serikat 2023 Masih Teka-teki, Marc Marquez Jago Banget Lho di Sirkuit Austin: Cuma 2 Kali Gagal Menang!

Bola.com, Jakarta - Keikutsertaan Marc Marquez pada balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, akhir pekan ini masih penuh teka-teki.

Marc Marquez harus absen pada seri kedua MotoGP Argentina karena harus menjalani operasi pada keretakan tulang pada jari jempol tangan kanan.

Beberapa hari lalu, Marc Marquez mengunggah aktifitasnya ketika sedang berlatih di gym. Hal ini mengindikasikan, sang pembalap punya hasrat besar untuk mentas di MotoGP Amerika Serikat.

Andai mentas di MotoGP Amerika Serikat sekalipun, Marc Marquez sudah ditunggu hukuman double long lap penalty yang ia dapat pada balapan seri pertama MotoGP Portugal. 

Terlepas dari itu, jika melihat rekor, Marc Marquez memang punya rapor sangat impresif di MotoGP Amerika Serikat.

2 dari 4 halaman

Rapor Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat

Sirkuit Austin merupakan tipe trek anti-clockwise atau berlawanan arah jarum jam. Trek seperti ini didominasi tikungan arah kiri lebih banyak ketimbang kanan.

Pada tipe trek seperti ini, sosok Marc Marquez punya rekam jejak sangat apik. Khusus MotoGP Amerika Serikat, ia sudah merasakan tujuh kemenangan: 2013-2018 dan 2021.

Artinya di luar edisi 2020 yang dibatalkan akibat COVID-19, Marc Marquez cuma gagal menang di Sirkuit Austin sebanyak dua kali: 2019 dan 2022. 

Pada edisi 2019, Marc Marquez juga punya kans besar meraih kemenangan. Start balapan dari posisi pertama atau pole position, ia memimpin balapan tanpa gangguan berarti dari posisi kedua.

Namun sayang di lap 8, ia melakukan kesalahan ketika melahap Tikungan 12 dan harus terjatuh. Akhirnya pembalap Suzuki, Alex Rins merah kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2019. 

Kemudian di MotoGP Amerika Serikat 2022, Marc Marquez cuma finis urutan enam lantaran kesalahan yang ia lakukan ketika start. Kali ini, pembalap Gresini, Enea Bastianini yang keluar sebagai pemenang. 

 

3 dari 4 halaman

Alasan Marc Marquez Sangat Kuat di Sirkuit Austin

Lantas apa alasan Marc Marquez sangat kuat saat mengaspal di sirkuit tipe anti-clockwise? Situs Boxrepsol pernah membuat sebuah artikel ini ada kaitannya dengan cara berlatih Marquez sejak memulai karier sebagai pembalap.

Ya, kakak dari Alex Marquez itu sangat sering berlatih dirt track yang sirkuitnya berbentuk oval dan dituntut untuk semaksimal mungkin merebahkan motor ke arah kiri.

Karena kebiasaan inilah, Marc Marquez sangat superior saat melahap tikungan kiri. Bahkan saat ia menang balapan MotoGP Jerman 2021.

Kala itu kondisi tulang humerus kanannya belum sepenuhnya fit tapi bisa tetap finis pertama karena Sachsenring punya banyak tikungan kiri sehingga tidak menuntut kerja tangan kanan.

Belakangan, mulai banyak pembalap turut secara intens berlatih dirt track. Namun perlu diketahui, tipe latihan ini juga mengandung risiko besar terjatuh. Jadi untuk pembalap profesional, mereka juga dituntut sangat berhati-hati saat melakukan dirt track. 

4 dari 4 halaman

Pemenang Balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin

  • 2013 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2014 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2015 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2016 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2017 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2018 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2019 - Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  • 2020 - dibatalkan akibat pandemi COVID-19
  • 2021 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2022 - Enea Bastianini (Gresini Ducati)

Video Populer

Foto Populer