Sukses


MotoGP 2023: Tinggi Badan Pol Espargaro Tambah Pendek 1,5 Cm Gara-Gara Cedera, Kok Bisa?

Bola.com, Jakarta - Pembalap GASGAS Factory Racing Tech 3, Pol Espargaro, mengaku tinggi badannya memendek 1,5 cm akibat berbagai cedera setelah kecelakaan hebat dalam MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Maret 2023 lalu.

Pol Espargaro jatuh di Tikungan 10 dalam sesi latihan kedua, berguling-guling di atas gravel yang krikilnya berukuran terlalu besar dan sudah diprotes oleh para rider MotoGP sejak 2020. Ia pun didiagnosa mengalami delapan patah tulang di berbagai bagian berbeda di tubuhnya.

Patahan-patahan itu terjadi di tulang leher, tulang rahang, tulang belakang, dan tulang rusuk. Pol Espargaro dirawat sebulan di rumah sakit, tak bisa bicara dan makan, dan sampai sekarang masih menjalani pemulihan usai absen delapan seri. Ia bahkan kehilangan 2,5 kg otot per pekan.

Pol Espargaro sempat bingung mana cedera yang paling menyakitkan, karena rasa sakit menjalar di seluruh tubuhnya. Ia pun harus terus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

2 dari 3 halaman

Tidak Peduli

Kini, Pol Espargaro sudah mulai bisa menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa. Namun, ia belum juga latihan motor, yang menurutnya akan dimulai dalam rehat musim panas MotoGP yang berlangsung selama lima pekan mendatang.

"Akhirnya berada dalam kondisi ini usai tiga bulan adalah keajaiban. Saya sangat senang," ujarnya via Crash.net, Jumat (30/6/2023).

"Soal tulang belakang, saya mematahkan nomor 3, 6, dan 8. Nomor 8 pecah jadi empat. Selain itu, patahan ini sedikit menurunkan tinggi vertebra cukup banyak. Itu alasannya lebih lama sembuh daripada yang lain. Saya kehilangan 1,5 cm. Namun, saya sudah menikah, punya dua anak. Jadi, saya tak peduli soal ini," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Sudah Siap Latihan Motor

Juara dunia Moto2 2013 ini juga menyatakan sudah mempersiapkan motor-motor yang akan dipakai latihan. Ia juga berencana meminta KTM untuk menyediakan motor superbike atau supersport yang bisa ia kendarai untuk latihan sebelum kembali mengendarai motor RC16 miliknya.

"Supermoto saya sudah siap, menunggu di belakang rumah. Mungkin, saya akan minta motor jalanan KTM, meski bukan GASGAS. Saya rasa mereka akan mengizinkan saya. Ini akan jadi masa pramusim. Saya berencana pergi ke beberapa trek dalam lima pekan," pungkas adik Aleix Espargaro ini.

Belum diketahui pasti kapan pembalap Spanyol ini diizinkan kembali balapan di MotoGP. Namun, ia direncanakan kembali berlaga dalam Seri Inggris di Sirkuit Silverstone pada 4-6 Agustus 2023 mendatang.

Sumber: Crashnet

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, 3/7/2023)

Video Populer

Foto Populer