Sukses


Alami Kecelakaan Parah, Franco Morbidelli Absen pada Sepanjang Sesi Pramusim MotoGP 2024

Bola.com, Jakarta - Prima Pramac Racing mengumumkan Franco Morbidelli harus absen dari seluruh rangkaian tes pramusim MotoGP 2024, yakni di Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari 2024 dan Lusail, Qatar, pada 19-20 Februari 2024. Hal ini mereka umumkan pada Selasa (6/2/2024) usai pemeriksaan medis di Italia.

Morbidelli terjatuh keras di Tikungan 9 Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal dalam tes pramusim WorldSBK, Selasa (30/1/2024). Meski ini merupakan tes WorldSBK, para pembalap Ducati MotoGP dan VR46 Riders Academy berpartisipasi untuk berlatih. Morbidelli pun mengendarai Ducati Panigale V4 S.

Insiden Morbidell tersebut terjadi cukup parah, sehingga mengundang bendera merah, tanda bahwa sesi harus dihentikan sementara. Apesnya, mengingat tes ini bersifat tertutup, maka jumlah petugas medis dan petugas trek alias marshal yang dikerahkan memang cukup minim.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Putuskan Jalani Pemeriksaan Lebih Serius

Marc Marquez dan Alex Marquez yang kala itu dalam perjalanan kembali menuju garasi, secara kebetulan menjadi pihak pertama yang tiba di TKP dan melihat Morbidelli tak bergerak. Menurut keterangan Marc Marquez, Morbidelli menengadah dan dalam keadaan tak sadarkan diri.

Alex Marquez pun menyatakan mereka harus menunggu dua menit sebelum ambulans tiba untuk melarikan Morbidelli ke Medical Center. Morbidelli kemudian dirawat inap semalaman di Rumah Sakit Alvor dan menjalani dua CT scan yang hasilnya negatif. Pada Rabu (1/2/2024), ia diizinkan pulang ke Italia.

Namun, Pramac menyatakan Morbidelli memutuskan menjalani pemeriksaan lanjutan di Italia sehingga absen dari hari pertama tes Sepang. Usai hasilnya keluar, para dokter menyatakan Morbidelli dalam kondisi yang baik, tetapi dilarang menjalani latihan fisik selama tiga pekan untuk langkah pencegahan cedera.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Prima Pramac Racing

"Menyusul kecelakaan dramatis yang terjadi dalam tes tertutup di Portimao pekan lalu, Franco Morbidelli menjalani pemeriksaan lebih jauh dengan Prof. Franco Servadei (neurologis) dan dr. Roberto Donati. Meski secara umum dalam kondisi baik, rider Prima Pramac Racing ini memutuskan menjalani cek medis sebelum memutuskan pergi ke Sepang atau tidak.

"Usai mendapatkan hasil dari berbagai tes, yang secara umum mengindikasikan gambaran klinis yang baik, Prof. Franco Servadei merekomendasikan, sebagai langkah pencegahan, Morbidelli harus menahan diri melanjutkan aktivitas olahraga selama tiga pekan ke depan. Konsekuensinya, Franco tak bisa berpartisipasi dalam tes resmi di Qatar (19-20 Februari).

"Kembalinya Morbidelli ke trek diperkirakan terjadi dalam balapan pertama MotoGP 2024, di Lusail International Circuit pada 8-10 Maret."

Sumber: Prima Pramac Racing

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, 7/2/2024)

Video Populer

Foto Populer