Sukses


4 Pesta Pembukaan Olimpiade Terbaik Sepanjang Sejarah

Bola.com, Jakarta Upacara pembukaan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu penonton dalam setiap perhelatan olimpaide. Acara ini merupakan salah satu pusat dari keceriaan dari ajang olahraga multievent terbesar di sedunia tersebut.

Dalam upacara pembukaan penonton tidak hanya akan melihat rombongan atlet dari berbagai penjuru dunia, namun juga pentas megah yang merupakan kombinasi tradisi, seni, dan teknologi. 

Tak heran, pihak penyelenggara rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menyuguhkan pesta pembukaan yang epik dan spektakuler. Pesta pembukaan itu bukan hanya bertujuan menghibur penonton di stadion maupun di seluruh dunia yang menyaksikan dari layar televisi. Momen itu juga menjadi salah satu parameter kesuksesan olimpiade yang digelar. Gengsi pihak penyelenggara juga dipertaruhkan di sana.  

Olimpiade sudah berlangsung sejak 1896 di Yunani. Itu artinya sudah ada 30 upacara pembukaan dengan segala keunikan dan kemegahan masing-masing. Manakah yang terbaik? 

Berikut ini 4 pesta pembukaan Olimpiade terbaik sepanjang sejarah yang dirangkum dari berbagai sumber: 

2 dari 5 halaman

1

Olimpiade Beijing

Kata menakjubkan mungkin tidak cukup untuk menggambarkan bagaimana hebohnya pembukaan Olimpiade Beijing yang berlangsung pada 2008.

Kembang api yang menutupi seluruh Beijing National Stadium yang dijadikan lokasi pembukaan, 2.008 penabuh genderang dengan tongkat yang bisa menyala dalam gelap, dan yang terakhir mantan atlet olimpiade China, Li Ning yang memanjat tembok stadium untuk menyalakan obor olimpiade di puncak stadium adalah momen-momen yang paling bisa diingat dari pembukaan tersebut.

Olimpiade Beijing juga diingat karena kerasnya upaya pemerintah China untuk membuktikan negara Tirai Bambu itu kaya dengan budaya. Hal itu dibuktikan dengan tampilan 897 penari yang mengenakan kostum berbentuk pilar dan berwarna hitam putih, dan membentuk kata-kata bijak dari Konfusius. Jika dilihat dari tribune penonton, akan tampak seperti kertas yang bertuliskan huruf China.

Banyak budaya China lain yang bisa dilihat seperti bela diri Tàijíquán, alat musik tradisional pipa yang merupakan musik petik, dan yang paling heboh adalah bola raksasa, yang dilintasi oleh 3 penari secara horizonal.

Saking hebatnya, dibutuhkan dana sampai 100 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun) untuk upacara pembukaan yang berlangsung selama 4 jam ini.

3 dari 5 halaman

2

Olimpiade Sydney

Pembukaan Olimpiade Sydney ditandai dengan dua hal yang hanya miliki oleh Australia, kekayaan laut yang bisa dilihat di Great Barrier Reef dan tradisi Aborigin.

Kekayaan laut Australia ini ditampilkan dalam segmen "Deep Sea Dreaming", yang mampu menampilkan suasana di dalam laut. Segmen dimulai dengan seorang anak perempuan yang berdiri tengah stadium. Dengan bantuan tali pemandu, si anak mulai 'berenang' di Stadium Australia, ditemani fauna laut seperti ubur-ubur, ikan-ikan laut dangkal dan dalam, dan terumbu karang yang menjadi khas Great Barrier Reef.

Sedangkan, tradisi Aborigin ditampilkan pada segmen "Awakening". Kali ini, si anak perempuan ditemani seorang tetua Aborigin untuk melakukan upacara pemanggilan roh yang menjadi bagian dari suku Aborigin, dan roh ini melambangkan semangat olimpiade yang datang ke Stadium Australia.

4 dari 5 halaman

3

Olimpiade Atlanta

Olimpiade ini merayakan 100 tahun usia kompetisi 4 tahunan ini dengan mengadakan teater untuk menghormati dewa Zeus, dewa Yunani yang berdiam di Olympus, yang sekaligus menjadi tempat bermulanya Olimpiade pertama pada 1896. Dengan menggunakan kain sepanjang 50 kaki dan lampu 20.000 watt, penonton akan melihat bayangan para atlet yang berlaga di depan Dewa Zeus yang diperankan seorang aktor.

Namun, momen yang paling mengharukan pada pembukaan Olimpiade ini adalah kemunculan Muhammad Ali, yang mulai memperlihatkan tanda-tanda Parkinson, pada saat memegang obor olimpiade. Setelah mengalami kesulitan pada saat memegang obor, dia berhasil menghidupkan altar Olimpiade, yang disabut dengan standing ovation para penonton.

5 dari 5 halaman

4

Olimpiade Barcelona

Ini adalah satu-satunya pembukaan Olimpiade, yang diresmikan dengan melakukan tembakan ke arah altar dengan menggunakan panah. Atlet panah dari Spanyol, Antonio Rebollo, melakukan tembakan melambung yang mengarah tepat ke altar.

Sampai saat ini, belum pernah ada yang melakukan hal seperti itu, karena biasanya para pembawa obor akan mengarahkannya ke kabel yang akan menghidupkan api di altar, atau membawanya langsung ke altar.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer