Sukses


Ini Anggaran yang Dibutuhkan untuk Pesta Pembukaan Olimpiade Rio

Bola.com, Jakarta Upacara pembukaan Olimpiade Rio yang akan berlangsung Jumat 5 Agustus 2016 malam waktu setempat atau Sabtu WIB, diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 40 juta poundsterling (sekitar Rp 688 miliar).

Menurut panitia, anggaran ini 12 kali lebih sedikit dari yang dibutuhkan untuk pembukaan Olimpiade London 2012 dan 20 kali lebih sedikit dari Olimpiade Beijing 2008. Acara ini akan menghadirkan banyak bintang, termasuk legenda sepak bola Brasil, Pele, yang direncanakan bakal menyalakan obor Olimpiade pada akhir acara.

Tema yang akan dihadirkan pada pembukaan Olimpiade Rio adalah menampilkan kehidupan di favela, daerah kumuh di Brasil, dan akan disutradarai oleh pria Brasil yang sudah memenangkan empat Piala Oscar, Fernando Meireles. Untuk mewujudkan pembukaan yang mirip dengan teater tersebut, akan ada 3.000 penari dan 700 aktor yang akan mendukung acara.

"Pembukaan ini akan menjadi obat bagi depresi yang sedang melanda Brasil. Setiap negara selalu menceritakan sesuatu tentang diri mereka, kontribusi kepada dunia, dan bagaimana negara-negara tersebut menjadi pusat dunia. Kami akan melakukan hal yang sebaliknya. Kami tidak akan menceritakan bagaimana hebatnya Brasil sebagai negara, tapi akan mengisahkan bagaimana manusia harus berbuat dengan baik satu sama lainnya," ujar Meireles.

"Tentu saja, Brasil selalu punya musik yang bagus dan kami akan memakai itu. Walaupun upacara pembukaan ini tidak sebesar Olimpiade sebelumnya, tapi ini akan bagus," sebutnya.

Meireles menegaskan, pembukaan Olimpiade Rio tidak akan seperti pembukaan Olimpiade London 2012 yang menggunakan properti dan replika besar, karena keterbatasan stadium.

"Stadion Maracana tidak memiliki pintu berukuran besar, sehingga kami tidak bisa memasukkan replika berukuran besar ke acara pembukaan. Kami akan berpusat pada penampilan yang bisa menyesuaikan dengan situasi stadium," jelasnya.

Sumber: Dailynews

Video Populer

Foto Populer