Sukses


Kostum Kontingen Indonesia di Pembukaan Olimpiade Panen Pujian

Bola.com, Rio de Janeiro - Kostum kontingen Indonesia yang memadukan budaya Bali, Lampung, dan Papua, menuai banyak pujian pada upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016 di Stadion Maracana, Jumat (5/8/2016) malam waktu setempat. Bahkan, beberapa netizen menilai kostum Indonesia terbaik di antara kontingen lainnya.

Kostum Indonesia yang didesain Prima Suci Ariani tersebut kali pertama diperkenalkan pada 15 Juli 2016, yang merupakan paduan jas dan batik. Jas yang dipakai para atlet memuat simbol burung garuda serta batik bermotif parang. Sedangkan atlet putra memakai ikat kepala khas Bali yang disebut udeng. 

Gambar garuda merupakan simbol lambang negara, sedangkan motif parang menggambarkan semangat dan kerja keras tanpa henti. Warna merah putih merujuk pada bendera Indonesia.

Kostum tersebut sempat menuai kritikan di dalam negeri, karena desainnya dianggap kurang inovatif. Tapi reaksi berbeda ditunjukkan netizen dari berbagai negara saat melihat tampilan kontingen Indonesia saat berdefile. Dipimpin Maria Londa yang membawa bendera merah putih, para anggota kontingen Indonesia tampak percaya diri saat memasuki Stadion Maracana.

Sambutan hangat diberikan oleh para penonton di stadion. Begitu juga para netizen di Twitter. Mereka memuji kontingen Indonesia yang berani tampil beda dan menonjolkan sisi budaya pada kostumnya. Atlet-atlet dari negara lain mayoritas berpakaian senada, yaitu jas dipadu dengan celana panjang.

"Indonesia memenangi kostum terimpresif sejauh ini," puji salah seorang netizen, Ahmed Al Omran, melalui akun Twitternya. 

Netizen lainnya memuji para atlet dan ofisial Indonesia yang berani tampil beda dan maksimal, di saat kontingen lain memakai kostum yang hampir seragam. Mereka memuji kostum Indonesia sangat indah dan cantik. 

Chef de Mission (CdM) Olimpiade, Raja Sapta Oktohari, enggan mengomentari tentang pro dan kontra kostum Indonesia tersebut. Dia memilih fokus pada para atlet yang bakal mulai bertanding. 

"Semua ini (kostum kontingen Indonesia) hanya faktor sekunder. Yang utamanya besok panahan, rowing, dan angkat besi sudah mulai bertanding. Semoga dengan doa dari masyarakat Indonesia kami bisa mendapatkan medali emas. Amin," ujar pria yang akrab disapa Okto itu melalui pesan singkat kepada Bola.com.

Berikut ini reaksi dari para netizen soal kostum Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Video Populer

Foto Populer