Sukses


Dapat Medali Emas Pertama, Fiji Umumkan Libur Nasional

Bola.com, Rio de Janeiro - Fiji membuat sejarah baru dengan meraih emas pertama Olimpiade setelah menang pada final rugby seven pria kontra Inggris Raya dengan skor 43-7 di Stadion Deodoro, Jumat (12/8/2017). Pemerintah Fiji merespons momen spesial itu dengan mengumumkan hari libur nasional.

Perdana Menteri Fiji , Frank Bainimarama, menyatakan bakal ada hari libur untuk merayakan medali emas pertama yang didapatkan negara tersebut sejak keikut sertaan mereka di Olimpiade musim panas 1956.  Bainimarama juga tidak pernah absen dari setiap pertandingan Fiji  dalam kompetisi yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Selama tim rugby seven bertanding, Fiji sudah menetapkan hari libur sehingga warganya bisa menyaksikan pertandingan di Olimpiade Rio tersebut. Setelah emas masuk genggaman, hari libur pun ditambah sehari untuk merayakan keberhasilan bersejarah tersebut.   

"Kami semua merayakannya. Kami sudah merencanakan perayaan jika tim kembali... saat ini kami sangat bangga mengaku sebagai orang Fiji," kata Bainimarama kepada wartawan, seperti dilansir Reuters

Bainirama menegaskan penetapan rugby seven sebagai cabang olahraga baru Olimpiade, telah mengangkat pamor Fiji. Negara tersebut memang sudah dua kali memenangi Kejuaraan Dunia rugby sevens di Hong Kong pada 2015 dan 2016.

Menurut Bainirama, pencapaian medali emas di Olimpiade Rio lebih hebat dibanding kejuaraan dunia yang sudah mereka menangi  sebelumnya.

"Ini sangat berbeda dengan kejuaraan yang sudah kami menangkan sebelumnya." tegasnya.

Video Populer

Foto Populer