Sukses


Pintar Bahasa Mandarin, Atlet Jepang Disemangati Fans China

Bola.com, Jakarta Petenis meja Jepang, Ai Fukuhara, mendapat simpati dari fans China setelah kalah dari petenis meja Korea Utara, Kim Song-i, pada laga perebutan medali perunggu Olimpiade Rio, Rabu (10/8/2016). Dukungan ini cukup mengejutkan mengingat hubungan China-Jepang  tak terlalu mesra, terutama menyangkut sejarah pada Perang Dunia II.   

Don't Cry Ai- Chan atau jangan menangis Ai-Chan (panggilan Ai Fukuhara) menjadi trending topic di media sosial China, Weibo. Bahkan kalimat tersebut sudah mulai populer sejak partai semifinal, saat Ai dikalahkan petenis meja China, Li Xiaoxia.

"Saya merasa sangat sedih untuk Ai," sebut pengguna Weibo, Jinbiao.

"Dia sangat tangguh dan kuat karena bisa bertahan melawan petenis China yang kuat. Tapi dia tidak pernah menyerah. Semakin lama dia bertanding, dia akan semakin kuat," lanjutnya.

Ai memiliki banyak fans China bukan tanpa alasan. Kemampuannya berbahasa Mandarin membuat fans China mengidolainya. Keahlian berbahasa Mandarin didapat Ai kala bergabung dengan tim nasional tenis meja China, pada masa muda. Bahkan sampai sekarang dia dilatih pelatih berkebangsaan China. 

Ai dikenal sangat dekat dengan fans China, bahkan memiliki akun Weibo dengan jumlah pengikut mencapai 770.000. Apakah kemampuan berbahasa Mandarin menjadi satu-satunya alasan fans China mengidolai Ai? Ternyata tidak. 

"Olahraga tidak mengenal batas negara, seperti selfie yang dilakukan atlet Korea Utara dan atlet Korea Selatan," sebut Langsha Jiang, seorang fan tenis meja yang tinggal di Sichuan, kepada BBC.

"Tentu saja atlet punya negara asal, tapi kami sudah melihat Ai tumbuh baik ketika masih dia kecil sampai dia dewasa serta menjadi petenis meja ternama dari Jepang, dan saat dia sempat berlatih di China," tambahnya.

Saking populernya Ai di Negeri Tirai Bambu, fans bahkan memintanya menikah orang China. Namun, Ai sudah memiliki kekasih berkebangsaan Taiwan. "Sangat sempurna jika Ai memiliki pacar dari China," sebut pengguna Weibo, Gaoaonan.

Sumber: CNN

Video Populer

Foto Populer