Sukses


Piala Eropa 2020: 5 Pertandingan Fase Grup Euro 2020 (Euro 2021) yang Tak Boleh Terlewat

Bola.com, Jakarta - Pesta sepak bola Eropa, Piala Eropa 2020 akan dimulai pada 11 Juni sampai 11 Juli. Sebuah penantian panjang tentunya. Mengingat akibat pandemi COVID-19, Piala Eropa 2020 harus ditunda gelarannya tahun lalu dan baru bisa digelar tahun ini.

Beberapa grup sangat menarik. Seperti Grup F Piala Eropa 2020 yang layak disebut sebagai grup neraka. Karena dua tim yang pernah merasakan juara Piala Dunia: Prancis dan Jerman ada di grup ini.

Belum lagi Portugal yang memiliki Cristiano Ronaldo dan Hungaria sebagai kuda hitam. Sangat menarik tentunya menanti duel tim-tim yang dihuni pemain nama besar seperti Kylian Mbappe, Cristiano Ronaldo sampai Thomas Mueller.

Persaingan menarik juga tersaji pada Grup D. Inggris harus bertemu Kroasia yang notabene semifinalis Piala Dunia 2018. Selain Krosia, dua lawan di Grup D juga pantang dianggap remeh yaitu Skotlandia dan Rep Ceska.

Piala Eropa 2020 bakal dibuka oleh laga Turki versus Italia pada 11 Juni. Berikut ini Bola.com merangkum lima pertandingan yang tak boleh dilewatkan pada Euro 2020 (Euro 2021).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

Turki vs Italia (Roma, Grup A)

Turki akan menghadapi satu di antara 12 tuan rumah dalam pertandingan pembukaan Piala Eropa 2020, tepat 21 tahun setelah satu-satunya pertemuan turnamen besar negara sebelumnya, ketika Italia mengalahkan Turki 2-1 pada hari kedua Piala Eropa 2000 di Arnhem. Kedua kesebelasan pada akhirnya lolos ke fase brikutnya.

Dua statistik mungkin mengkhawatirkan Turki; mereka belum pernah mengalahkan Italia dalam sepuluh pertemuan terakhir dan juga kalah dalam empat pertandingan pembukaan Piala Eropa mereka (termasuk pertarungan tahun 2000 dengan Azzurri). Akankah kejadian buruk itu berakhir di Roma?

3 dari 6 halaman

Inggris vs Skotlandia (London, Grup D)

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah Piala Eropa terjadi pada 1996, pertandingan kedua mereka adalah yang pertama dalam turnamen besar melawan Skotlandia. Pertemuan Wembley itu klasik, Alan Shearer menyerang di awal babak kedua sebelum penalti Gary McAllister diselamatkan.

Ini adalah penampilan pertama Skotlandia di Piala Eropa sejak itu, disusul Piala Dunia terakhir mereka dua tahun kemudian. Dalam pertemuan ke-115 mereka dengan Inggris, mereka akan mengharapkan kemenangan terkenal untuk membantu mereka melewati babak penyisihan grup turnamen besar untuk pertama kalinya dalam 11 pertemuan.

4 dari 6 halaman

Spanyol vs Polandia (Bilbao, Grup E)

Robert Lewandowski tahu semua tentang beban harapan pada tuan rumah bersama Spanyol: pada tahun 2012, ia mengubur gol pembuka turnamen untuk Polandia di kandang sendiri di Warsawa. Sekarang menuju ke Piala Eropa ketiganya, Lewandowski bakal mengemban ekspektasi setinggi langit.

Dia tidak akan memiliki kenangan indah dari satu-satunya pertemuan sebelumnya dengan La Roja, kekalahan 0-6 di Murcia pada Juni 2010, tepat sebelum Spanyol pergi ke Afrika Selatan untuk memenangkan Piala Dunia.

Menariknya, kedua negara ini hanya bertemu secara kompetitif dua kali sebelumnya - menjelang putaran final Piala Eropa perdana. Bertanding di babak 16 besar pada tahun 1959, Spanyol menang tandang 4-2 dan 3-0 di Madrid, Alfredo Di Stéfano mencetak tiga gol di dua pertandingan. Siapa yang akan meninggalkan jejak mereka pada pertemuan ini?

5 dari 6 halaman

Portugal vs Prancis (Budapest, Grup F)

Ini adalah kedua kalinya juara Piala Eropa bertemu dengan juara Piala Dunia sebagai bagian dari pertahanan gelar mereka. Yang pertama, Belanda mengalahkan juara dunia Jerman di pertandingan grup tahun 1992 terakhir mereka.

Portugal kalah sepuluh pertandingan berturut-turut melawan Prancis sebelum mereka membalikkan keadaan dengan kemenangan melalui perpanjangan waktu dengan skor 1-0 melawan tuan rumah di final Piala Eropa 2016. Siapa yang akan memenangi pertandingan kelas dunia ini?

6 dari 6 halaman

Jerman vs Hongaria (Munich, Grup F)

Tidak ada tempat persembunyian di Grup F, dan setelah menyambut Portugal dan Prancis ke Budapest, Hongaria kemudian melakukan perjalanan untuk menghadapi tuan rumah bersama mereka. Misi mereka: untuk sekali lagi lolos ke fase gugur setelah mengakhiri absennya mereka di Piala Eropa selama 44 tahun dengan mencapai babak 16 besar pada 2016, ketika mereka memuncaki fase grup.

Hongaria mengakhiri 2020 dengan performa bagus, menyulap comeback telat dramatis untuk mengalahkan Islandia di final play-off mereka dan memenangkan promosi ke elite UEFA Nations League dengan memuncaki grup mereka di atas Turki, Rusia dan Serbia.

Ini hanya akan menjadi pertemuan kompetitif ketiga mereka dengan Jerman, tetapi pertikaian di masa lalu itu menunjukkan penghenti. The Mighty Magyars mengalahkan Jerman Barat 8-3 di penyisihan grup Piala Dunia 1954, hanya untuk sisi Sepp Herberger untuk membalikkan keadaan di final, menang 3-2 di Berne.

Video Populer

Foto Populer