Sukses


Profil Stadion Euro 2020 (Euro 2021): Olimpico

Bola.com, Jakarta - Mendengar nama Stadio Olimpico, pasti langsung teringat dua nama tim papan atas Italia atau Serie A yang sama-sama berasal dari kota Roma, Lazio dan AS Roma.

Seperti diketahui, baik I Biancocelesti maupun I Giallorossi sama-sama berkandang di Olimpico, fasilitas olahraga terbesar di kota Roma yang merupakan ibu kota Italia.

Tentu Olimpico merupakan saksi bisu banyaknya persaingan ketat di antara kedua tim ini. Namun terlepas dari fakta tersebut, Olimpico juga telah menggelar banyak pertandingan sepak bola bersejarah.

Maklum, Olimpico salah satu stadion dengan usia tertua di dunia. Awalnya stadion ini bernama Stadio dei Cipressi pada tahun 1937. Namun Desember 1950, stadion ini mengalami renovasi dan berubah nama menjadi Stadio dei Centomila yang diresmikan 1953.

Saat bernama Stadio dei Centomila, stadion ini sempat tembus kapasitas 100 ribu penonton. Namun sejak Olimpiade Musim Panas 1960, nama stadion kembali berubah, kini Stadio Olimpico yang bertahan sampai sekarang.

Tahun 1989, Olimpico menjalani proses renovasi sebagai persiapan salah satu venue untuk Piala Dunia 1990, di mana Italia berstatus sebagai tuan rumah. Kala itu, Olimpico bahkan dipercaya menggelar partai final yang mempertemukan Jerman Barat kontra Argentina yang berkesudahan, 1-0.

Renovasi terkini Stadion Olimpico berlangsung tahun 2007 lalu. Kala itu, beberapa desain internal stadion berkapasitas 70.634 ini dipercantik agar bisa menggelar final Liga Champions tahun 2009.

Kini dengan wajah identik seperti tahun 2009 lalu, Olimpico kembali dipercaya menjadi venue salah satu event besar sepak bola, Euro 2020.

Semakin spesial, untuk Euro 2020, Olimpico akan menggelar semua pertandingan Timnas Italia di penyisihan Grup A. Tentu patut ditunggu pemandangan indah di stadion ini apalagi jika penonton dibolehkan hadir di stadion meski tidak akan 100 persen memenuhi kursi. 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Momen Penting: Piala Dunia 1990

Stadio Olimpico pernah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1989 yang memaksa Lazio dan AS Roma memainkan partai kandang Serie A di Stadio Flaminio.

Tujuan renovasi tersebut lantaran Olimpico merupakan salah satu stadion yang menggelar Piala Dunia 1990, di mana Italia berstatus tuan rumah.

Total selama Piala Dunia 1990, Olimpico menggelar enam pertandingan. Lima laga di antaranya melibatkan timnas Italia.

Menariknya semua laga yang dimainkan Italia di Olimpico semua berakhir dengan kemenangan. Pertama ketika mengalahkan Amerika Serikat dan Austria masing-masing 1-0.

Kemudian Salvatore Schillaci dan kawan-kawan mengandaskan Rep. Ceko dengan skor 2-0. Lalu pada babak 16 besar, Italia mempermalukan Uruguay, 2-0.

Terakhir pada perempat final, Rep. Irlandia kandas 0-1 dari Gli Azzurri. Sayangnya Italia gagal ke final. Padahal partai puncak juga berlangsung di Olimpico.

Pada akhirnya final mempertemukan Jerman Barat kontra Argentina yang akhirnya Lothar Matthaus dan kawan-kawan.

Tentunya tuah Olimpico diharapkan bisa kembali menular ke Timnas Italia pada ajang Euro 2020

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Euro 2020 di Stadion Olimpico

11 Juni 2021

  • Turki Vs Italia

16 Juni 2021

  • Italia Vs Swiss

20 Juni 2021

  • Italia Vs Wales

Perempat Final

  • 3 Juli 2021

 

Video Populer

Foto Populer