Sukses


Euro 2020 (Euro 2021): Daftar Negara Eropa Timur yang Jadi Kontestan Piala Eropa 2020, Sanggupkah Beri Kejutan?

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 24 negara telah memastikan akan tampil pada putaran final Piala Eropa 2020 atau Euro 2020. Berapa di antara negara peserta Euro 2020 yang berasal dari Eropa Timur? 

Eropa Timur adalah kawasan daratan yang berbatasan langsung dengan benua Asia. Sebelumnya Eropa timur merupakan negara Uni Soviet yang kemudian pecah menjadi beberapa negara.

Total ada tujuh negara yang masuk wilayah ini, yaitu Rusia, Belarus, Estonia, Latvia, Ukrania, Lithuania, dan Moldova.  Nah, di antara tujuh negara tersebut, hanya ada dua yang lolos ke Euro 2020. Keduanya adalah Rusia dan Ukraina. 

Rusia tergabung di Grup B bersama Denmark, Finladia, dan Belgia. Adapun Ukraina menghuni Grup C bersama Belanda, Austria, dan Makedonia Utara.

Kans Rusia lolos ke babak berikutnya diprediksi tidak terlalu menjanjikan. Namun, Rusia, memendam hasrat tinggi pada edisi tahun ini. Pada 2016, mereka gagal total karena kalah bersaing dengan Wales, Inggris dan Slovakia. Walhasil, cerita miris menjadi bagian dari perjalanan Rusia empat tahun silam.

Hasrat ingin berprestasi tinggi semakin bergelayut di dada para pemain Rusia. Hal itu berlatar kegagalan mereka ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Alih-alih juara, Tim Beruang Merah justru sudah meninggalkan pesta pada babak perempat final, usai takluk via adu penalti kontra Kroasia. Namun, rasanya sulit bagi Rusia mengungguli Denmark, Finlandia, dan Belgia pada Euro 2020

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Ukraina Layak Jadi Kuda Hitam

Nah, Ukraina layak dianggap sebagai calon kuda hitam pada Piala Eropa 2020. Mereka finis di puncak grup kualifikasi Euro 2020 yang juga berisi Portugal dan Serbia, hanya kebobolan empat gol dalam delapan pertandingan, mencetak 17 gol dan tidak terkalahkan sepanjang 2019. Jadi apa alasan kesuksesan mereka?

Di mata pengamat ini, kesuksesan mereka berkat kombinasi dari pertahanan yang ketat dan kekompakan pemain yang dipilih oleh manajer Andriy Shevchenko.

Tiga belas dari skuad yang dipilih untuk pertandingan persahabatan mereka, melawan Polandia dan Prancis pada bulan Maret yang kemudian dibatalkan, hanya berasal dari klub: Shakhtar Donetsk dan Dynamo Kiev. Alhasil, kekompakan di tim mudah terbentuk. 

Ukraina memiliki banyak pilihan pemain di sektor serang dan berpengalaman, yang mampu memanfaatkan peluang dari pertahanan yang paling rapat. Skuad utama mereka tidak diperkuat pemain sehebat striker legendaris Andriy Shevchenko yang sekarang menjadi pelatih kepala mereka.

Tetapi, jangan pernah memandang sebelah mata duo Premier League, Oleksandr Zinchenko dan Andriy Yarmolenko. Keduanya bisa menjadi senjata yang membahayakan barisan pertahanan lawan. 

Sumber: berbagai sumber 

Video Populer

Foto Populer