Sukses


Jelang Euro 2021 : Jurgen Klopp Memelas Agar Timnas Belanda Tidak Panggil Virgil van Dijk ke Piala Eropa 2020

Bola.com, Jakarta - Jurgen Klopp mendesak Belanda untuk tidak membahayakan karier Virgil van Dijk dengan membawanya ke Piala Eropa 2020 (Euro 2020) musim panas ini. Bek Liverpool itu telah absen sejak Oktober karena cedera ligamen pada sendi dan kemungkinan tidak akan bermain hingga akhir musim.

Virgil van Dijk baru-baru ini mem-posting sebuah video yang memperlihatkan kondisi fisiknya. Ia terlihat sudah berlari-lari, meski tidak dapat diketahui seberapa jauh perkembangan cederanya yang didapat saat Liverpool berjumpa Everton.

Saat itu, Van Dijk bertabrakan dengan Jordan Pickford, kiper Arsenal. Dalam tayangan ulang terlihat bahwa Pickford melanggar Van Dijk, namun wasit justru memberikan kartu merah kepada mantan bek Southampton dan Celtic itu.

Van Dijk berjalan keluar dengan menahan sakit, dan betul saja, sehari berselang, setelah pemeriksaan medis, diketahui bahwa ia mengalami cedera ligamen yang memaksanya absen panjang.

Di negaranya, yakni Belanda, Virgil van Dijk adalah kapten tim, dan besar kemungkinan akan diikutsertakan pertengahan bulan depan jika pulih total. Namun, Jurgen Klopp meminta agar anak asuhnya itu tidak dibawa ke Piala Eropa.

"Saya tidak mau menahannya, tapi Anda tidak bisa memaksanya juga. Mereka pasti tahu sepak bola, yang mana pemain harus siap betul sebelum berlaga, maksud saya latihan yang jelas," kata Jurgen Klopp.

"Nah, itu butuh waktu lama, bisa berminggu-minggu, bukan seminggu sebelum kompetisi berjalan. Itu tidak mungkin, tidak akan mungkin."

"Tak ada satupun yang menghalangi Virgil van Dijk. Saya bersumpah. Kita di sini bicara karier seseorang, jadi tak ada satupun yang bisa memaksanya," kata Klopp lagi.

2 dari 3 halaman

Intensitas Pemulihan

Van Dijk absen setelah cedera ligamen anterior di lutut kanannya menyusul tantangan kiper Everton Jordan Pickford dalam derby Merseyside di Goodison Park pada 17 Oktober.

Bek tersebut membutuhkan operasi dan telah menghabiskan waktu di Dubai selama rehabilitasinya. Namun optimisme awal bahwa dia akan kembali sebelum akhir musim dan membuktikan kebugarannya untuk Euro 2020 telah memudar.

Ketidakhadirannya berdampak besar pada pertahanan Liverpool dan mereka berjuang untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Pelatih Belanda, Frank De Boer menegaskan bahwa keputusan akhir akan berada di tangan pemain dan dia perlu menyerahkan daftar skuadnya untuk turnamen pada 1 Juni.

Belanda bermain melawan Skotlandia pada 2 Juni dan Georgia pada 6 Juni dalam pertandingan pemanasan sebelum mereka memulai turnamen mereka melawan Ukraina di Amsterdam pada 13 Juni. Austria dan Makedonia Utara juga tampil dalam grup mereka.

Sumber: Daily Mail

3 dari 3 halaman

Video

Vaksin dan Disiplin! Kunci Penuhnya Stadion Puskas Arena di Euro 2020

Video Populer

Foto Populer