Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Stadion Euro 2020 (Euro 2021), Hampden Park

Bola.com, Jakarta - Satu di antara stadion legendaris di kota Glasgow, Hampden Park akan menjadi venue pertandingan Euro 2020 (Euro 2021). Terletak di ibu kota, stadion ini merupakan kandang bagi timnas Skotlandia.

Pemilihan Hampden Park sebagai venue bukan tanpa alasan. Selain berkapasitas lebih dari 51 ribu penonton, stadion ini juga sering menjadi tuan rumah event sepak bola internasional.

Hampden Park pertama kali dibuka tahun 1903. Saat itu stadion ini menjadi yang terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai lebih dari 100 ribu.

Bahkan pada tahun 1937, stadion ini menampung 149.415 penonton saat timnas Skotlandia menjamu Inggris. Tetapi kapasitas penonton terus menurun setelah beberapa kali renovasi yang terakhir dilakukan tahun 1999.

Rencananya Hampden Park akan menggelar tiga laga babak grup D dan satu laga babak 16 besar Piala Eropa 2020. Pemerintah Skotlandia pun berjanji akan menjadi tuan rumah yang baik dalam event ini.

Beberapa momen penting sempat terjadi di Hampden Park. Salah satunya adalah final Liga Champions 2002. Ya, saat itu Real Madrid harus menantang Bayer Leverkusen di partai puncak. Sempat unggul 1-0 melalui Raul Gonzales pada menit kedelapan, Madrid kebobolan oleh Lucio pada menit ke-13.

Satu di antara yang paling diingat adalah laga Korea Utara kontra Kolombia. Pasalnya di laga ini Korea Utara sempat mogok bermain karena panitia salah memasang gambar bendera Korea Selatan di papan elektronik saat pembacaan susunan pemain.

Untuk mengetahui lebih detail, berikut profil dari Hampden Park, venue yang menjadi salah satu di Euro 2020 (Euro 2021).

Video Populer

Foto Populer