Sukses


Yuk Mengenal Lebih Dekat Tuan Rumah Euro 2020, Roma: Destinasi Wisata, Kuliner sampai Transportasi

Bola.com, Jakarta - Roma, Italia jadi satu dari sekian banyak kota besar di seantero Eropa yang akan menggelar pertandingan Euro 2020. Stadio Olimpico, salah satu stadion bersejarah dan ikonik di Italia bakal turut jadi saksi perjuangan tim-tim di Euro 2020. 

Mendengar nama kota Roma dan sepak bola, pasti langsung teringat dua nama tim papan atas Italia atau Serie A yang sama-sama berasal dari kota Roma, Lazio dan AS Roma.

Seperti diketahui, baik I Biancocelesti maupun I Giallorossi sama-sama berkandang di Stadio Olimpico, fasilitas olahraga terbesar di kota Roma yang merupakan ibu kota Italia.

Tentu Olimpico merupakan saksi bisu banyaknya persaingan ketat di antara kedua tim ini. Namun terlepas dari fakta tersebut, Olimpico juga telah menggelar banyak pertandingan sepak bola bersejarah.

Untuk Euro 2020, Olimpico akan menggelar semua pertandingan Timnas Italia di penyisihan Grup A. Tentu patut ditunggu pemandangan indah di stadion ini apalagi jika penonton dibolehkan hadir di stadion meski tidak akan 100 persen memenuhi kursi.

Nah Roma sendiri merupakan kota yang spesial. Sejak awal peradaban hingga sekarang, Roma selalu menjadi kota terpenting dan pusat pemerintahan. Anda tentu familiar dengan nama-nama Kerajaan Romawi, Republik Romawi, kemudian Kekaisaran Romawi. 

Roma bahkan negara kepausan yang memerintah Eropa selama berabad-abad hingga tahun 1870. Di masa inilah, wajah Roma berubah menjadi sangat artistik.

Pada artikel ini, Bola.com pun mengajak kalian untuk mengetahui betapa spesialnya kota Roma. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 5 halaman

Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Roma

Roma, ibu kota Italia merupakan destinasi turis paling populer di Italia. Roma juga kota terpenting dan pusat pemerintahan yang tentunya meninggalkan banyak cultural and architectural treasures yang bisa kita nikmati saat jalan-jalan ke Roma.

Beberapa spot yang wajib Anda kunjungi di antaranya Colloseum yang masuk daftar keajaiban dunia. Berkunjung ke sini membuat Anda seakan sedang melintasi waktu ke zaman Romawi.

Nah sepertinya tidak lengkap jika Anda ke Roma tapi belum berkunjung ke Vatikan. Vatikan sendiri merupakan negara kecil yang terletak di dalam kota Roma, markas besar Katolik Roma.

Selain Collesuem dan Vatikan, tampaknya semua setuju Trevi Fountain juga lokasi wajib dikunjungi jika berada di Roma. Trevi Fountain sering diklaim sebagai salah satu tempat paling romantis di dunia. Lho kos bisa?

Ya, Mitos mengatakan kalau kamu melempar satu koin dengan tangan kanan ke belakang bahu kiri maka kamu akan kembali ke Roma, lempar 2 koin maka akan menemukan cinta, dan lempar 3 koin maka akan segera menikah.

3 dari 5 halaman

Akses Transportasi

Perjalanan via pesawat ke kota Roma semua terpusat di Bandara Fiumicino. Untuk melanjutkan perjalanan ke Roma, ada bus stop yang bisa mengantarkan Anda. Harganya 5 euro dan dalam waktu 55 menit, Anda sampai di stasiun Termini atau stasiun utama kota Roma.

Anda tidak perlu khawatir. Karena transportasi umum di Roma terbilang lengkap. Tinggal pilih: subway, bus, dan tram. Jika cepat subway dan tram bisa jadi opsi pertama.

Tapi jika Anda ingin menikmati kota, bus merupakan pilihan terbaik. Meski perjalanan Anda berpotensi terganggu lantaran Roma dikenal kota macet meski tidak separah Jakarta tentunya.

Buat Anda yang mendewakan kepraktisan, Anda bisa membeli daily pass selama jalan-jalan ke Roma. Tiket jenis ini memungkinkan Anda menggunakan semua jenis transportasi publik sepuasnya dengan harga yang beraram tergantung durasi hari.

Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Roma sendiri dipatok termurah di angka Rp 5 juta.

4 dari 5 halaman

Akomodasi

Mencari akomodasi selama perhelatan event besar, seperti Euro 2020, bisa dibilang susah-susah gampang. Hal yang sama berlaku di Roma.

Anda harus jeli dan berhati-hati dalam mencari penginapan, karena biasanya saat berlangsungnya event besar, tarif juga melambung.

Dalam memilih akomodasi, jangan lupa mengecek lokasi, akses transportasi umum, kenyamanan (bisa melalui komentar yang pernah datang), dan harga.

Semua faktor tadi sejatinya saling berhubungan. Penginapan yang terletak di lokasi strategis (dekat venue pertandingan), mudah mengakses transportasi publik, dan nyaman, biasanya juga mahal.

Di Roma, Anda bisa menemukan penginapan dari yang harganya sangat miring hingga bikin kantong jebol.

5 dari 5 halaman

Kuliner

Roma seperti kota di Italia pada umumnya menjadikan pasta sebagai kuliner utama. Berbagai macam pasta bisa Anda nikmati. Selain itu tidak lengkap rasanya jika Anda ke Roma tidak mencoba pizza dan fusili.

Yang menarik dari Roma lainnya soal kuliner adalah kopi. Roma dikenal sebagai kota dengan produksi kopi terbaik di Italia. Di sini kopi bukan sekedar minuman, tapi juga budaya.

Bahkan orang Roma menikmati kopi setelah makan barat. Jika membandingkan dengan Jerman yang menjadikan bir sebagai minuman utama, maka di Roma begitu keranjingan kopi.

Sumber: theislandgirladventures.com

Video Populer

Foto Populer