Sukses


Yuk Mengetahui Arti Julukan Tim Kontestan Grup A dan Grup B di Euro 2020

Bola.com, Jakarta - Bisa dibilang semua klub sepak bola memiliki julukan. Julukan ini diberikan bukan sembarangan. Semua julukan dipastikan punya makna khusus dan sudah menjadi ciri khas tim tersebut.

Hal ini turut berlaku untuk semua Tim Nasional yang akan mentas di Euro 2020 yang baru bisa digelar pada tahun 2021. Kami berikan contoh salah satu tim di Grup B Euro 2020, Timnas Belgia. 

Timnas Belgia mendapat julukan Setan Merah, persis seperti tim papan atas Premier League, Manchester United.

Di Belgia, ada tiga bahasa yang digunakan yaitu Belanda, Prancis, dan Jerman. Jadi publik di sana mengenal tim ini dengan julukan De Rode Duivels, Les Diables Rouges, atau Die Roten Teufel.

Tiga bahasa di atas berarti The Reds Devils atau dalam bahasa Indonesia, Setan Merah. Lantas apa alasan Belgia dijuluki Setan Merah?

Semua bermula pada tahun 1905. Kala itu digelar pertandingan bertajuk Low Countries Derby yang mempertemukan antara Timnas Belgia dengan Belanda.

Media Belanda saat itu memberitakan skuad Belgia mempersiapkan pertandingan penuh gengsi ini bak: worked like devils (bekerja seperti setan).

Lalu mengingat kostum Timnas Belgia berwarna merah, oleh karena itulah muncul julukan Setan Merah yang bertahan sampai sekarang.

Pada artikel ini, Bola.com menyajikan daftar lengkap nama-nama julukan tim di Grup A dan B yang mentas di Euro 2020. Sengaja kami sertakan julukan tim tersebut di negara masing-masing dengan bahasa setempat, agar Anda mengetahuinya. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Grup A

  • Turki - Ay-Yıldızlılar (The Crescent-Stars), Bizim Çocuklar (Our Boys)

Moniker surgawi Turki meminjam dari elemen-elemen bendera nasional mereka: bulan sabit putih dan bintang dengan latar belakang merah, aslinya berasal dari bendera Kekaisaran Ottoman kuno. #BizimÇocuklar (secara harfiah #OurChildren dalam bahasa Indonesia anak-anak kami) adalah tagar media sosial yang populer.

  • Italia - Gli Azzurri (The Blues), La Nazionale (The National Team)

Dikenal sebagai Tricolore, bendera nasional Italia menampilkan garis-garis tebal berwarna hijau, putih, dan merah. Jadi mengapa Gli Azzuri? Untuk menghormati warna Royal House of Savoy, yang mempersatukan bangsa pada tahun 1861.

  • Wales - Y Dreigiau (Naga)

The Dragons atau Naga sudah menjadi lambang sepanjang sejarah Wales, tepatnya sejak abad ketujuh dan masa pemerintahan Cadwaladr, Raja Gwynedd. Pada tahun 1959, seekor naga merah dengan latar belakang putih dan hijau secara resmi diakui sebagai bendera nasional Wales.

  • Swiss - A-Team, Nati (National Team), Rossocrociati (Red Crosses)

Dengan empat bahasa resmi (Prancis, Jerman, Italia, dan Romansh), Swiss memilih julukan sederhana: A-Team dan Nati yang punya arti Tim Nasional. Lalu julukan Rossocrociati mengacu pada bendera Swiss berbentuk persegi yang menggambarkan salib putih dengan latar belakang merah.

3 dari 3 halaman

Julukan Tim Grup B

  • Denmark - De Rød-Hvide (Merah-Putih), Dinamit Denmark

"Kami merah, kami putih, kami Dinamit Denmark," begitu bunyi lirik lagu resmi Euro 1984 yang ditulis oleh Gunnar 'Nu' Hansen. Dikenal sebagai Dannebrog, bendera nasional dari salib putih di atas bidang merah menginspirasi strip mereka dan tag Rød-Hvide.

  • Finlandia – Huuhkajat (Burung Hantu Elang)

Bubi si burung hantu elang menjadi inspirasi di balik julukan Timnas Finlandia. Menukik untuk bertengger di bingkai gawang, Bubi pernah muncul di depan penonton saat Finlandia melawan Belgia di Stadion Olimpiade Helsinki pada 2007.

  • Belgia - De Rode Duivels, Les Diables Rouges, Die Roten Teufel (Setan Merah)

Pada Derby Low Countries tahun 1905 antara Belgia dan Belanda, pers Belanda melaporkan bahwa beberapa pemain Belgia "mempersiapkan diri seperti setan". Merujuk kostum merah mereka, Timnas Belgia kemudian disebut Setan Merah.

  • Rusia - Sbornaya atau Сборная (Tim Nasional)

Pemenang Euro edisi pertama tahun 1960 dengan nama Uni Soviet) dan Rusia langsung mendapat julukan Sbornaya.

 

Video Populer

Foto Populer