Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Legenda Michel Platini, Pemain Pertama Peraih 3 Ballon d'Or Secara Beruntun

Bola.com, Jakarta - Michel Platini tampil memesona sepanjang turnamen Piala Eropa 1984. Berstatus sebagai tuan rumah, Platini sukses membawa Prancis untuk kali pertama tampil di final sekaligus menjadi top scorer dengan sembilan gol.

Jumlah tersebut hanya bisa disamai Cristiano Ronaldo. Hebatnya, Michel Platini melakukannya dalam satu kali turnamen dan lima kali bertanding saja.

Platini, yang kala itu berusia 29 tahun, berstatus sebagai kapten Prancis. Dia menjadi pusat perhatian setelah sukses menjadi top scorer dengan koleksi sembilan gol, satu di antaranya memastikan kemenangan 2-1 Prancis atas Spanyol pada partai final yang berlangsung di Parc des Princes.

Piala Eropa 1984 masih menggunakan sistem sama seperti turnamen sebelumnya dengan delapan tim, termasuk tuan rumah yang langsung lolos otomatis, pada putaran final. Namun UEFA kali ini kembali menerapkan aturan baru dengan menghapus perebutan tempat ketiga.

Pada putaran final, Grup I diisi Prancis, Denmark, Belgia, dan Yugoslavia. Sementara itu, juara bertahan Jerman Barat berada di Grup II bersama Spanyol, Portugal, dan Rumania.

Prancis berhasil melangkah ke semifinal setelah tampil sempurna meraih tiga kemenangan atas Denmark 1-0, Belgia 5-0, dan Yugoslavia 3-2. Di sisi lain, Jerman Barat kehilangan taji lantaran hanya mampu finis di peringkat ketiga, kalah bersaing dengan Spanyol yang menjadi juara grup.Untuk lebih lengkapnya, berikut profil Michel Platini.

Video Populer

Foto Populer