Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Legenda Theodoros Zagorakis, Kapten Karismatik Yunani yang Tampil Mengejutkan di Piala Eropa 2004

Bola.com, Jakarta - Tak banyak yang tahu sosok Theodoros Zagorakis pada Euro 2004. Akan tetapi, Theodoros Zagorakis berhasil memimpin Yunani menjadi raja sepakbola Eropa.

Theodoros Zagorakis bukanlah bintang terkenal seperti Luis Figo, Raul Gonzales atau Zinedine Zidane. Dia hanya bermain di klub lokal AEK Athens.

Meski begitu, peran Theodoros Zagorakis di atas lapangan tak bisa diremehkan begitu saja. Bak seorang ksatria dalam cerita epik Yunani Kuno, Zagorakis memimpin rekan-rekannya berjuang di medan perang.

Zagorakis berusia 33 tahun ketika Euro 2004 digelar. Pemain yang pernah memperkuat Leicester City itu berstatus sebagai kapten di tim racikan Otto Rehhagel tersebut.

Zagorakis menunjukkan kepemimpinan, etos kerja dan semangat juang yang tinggi di lapangan. Dia mampu membawa Yunani membuat kejutan besar dalam persepakbolaan Eropa.

Pada pertandingan perdana Grup A, Yunani mampu mengalahkan Portugal 2-1. Setelah itu, giliran Spanyol yang ditahan 1-1.

Hasil-hasil itu membuat Yunani lolos ke putaran selanjutnya dengan status runner-up. Giorgos Karagounis dan kolega berada di bawah Portugal.

Pada perempat final, giliran juara bertahan Prancis yang menjadi korban Negeri Para Dewa. Yunani berhasil menyingkirkan Les Bleus berkat gol tunggal Angelos Charisteas.

Yunani bertemu dengan Ceko pada babak semifinal. Meski diperkuat pemain-pemain hebat, Ceko akhirnya dipaksa menyerah lewat gol tunggal Traianos Dellas pada menit ke-105.

Yunani kembali berhadapan dengan Portugal di final. Ini untuk pertama kalinya Galanolefki menembus babak puncak kejuaraan antarnegara Eropa tersebut.

Yunani meraih juara dan lesuksesan mereka semakin lengkap setelah Theodoros Zagorakis terpilih sebagai pemain terbaik turnamen. Prestasi yang bakal sulit dilampaui pemain Yunani lainnya. Untul lebih lengkaonya berikut profil Theodoros Zagorakis.

Video Populer

Foto Populer